Tak Mau Diacak-acak Singapura, Shin Tae-yong Minta Waspadai ‘Pemain’ Ini

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong - inilah.com
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong

Timnas sepak bola Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong wajib mewaspadai kebangkitan Singapura pada pertemuan leg pertama babak semifinal Piala AFF di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12/2021) pukul 19.30 WIB. Singapura yang menelahan kekalahan 0-2 dari Thailand di laga sebelumnya bertekad tampil lebih baik di hadapan pendukung mereka.

Pertandingan babak semifinal Piala AFF akan berlangsung dalam dua leg. Leg kedua akan digelar di tempat yang sama pada Sabtu (25/12). Hasil pertandingan pada leg pertama belum menentukan tim mana yang lolos ke babak final.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong, dalam jumpa pers prapertandingan, Selasa (21/12), enggan meremehkan Singapura yang baru saja menelan kekalahan dari Thailand.

Baca juga  Brace Rachmat Irianto Bawa Indonesia Tekuk Kamboja 4-2

Menurut Shin, Singapura akan memaksimalkan pemain ke 12 alias suporter sebagai tuan rumah dengan memanfaatkan dukungan dari penonton di stadion.

Shin mengatakan, laga pertama dan kedua di fase penyisihan grup bisa dikatakan sebagai ajang pemanasan dan mengondisikan pemain dalam mengikuti Piala AFF.

Setelah dua pertandingan awal itu, Shin Tae-yong menekankan kepada pemainnya bahwa setiap laga berikutnya adalah final. Oleh sebab itu, para pemain Indonesia dituntut tampil habis-habisan.

”Karena saya menganggap Singapura tim bagus, jadi 1 persen pun kita tak boleh lengah,” ucap Shin. Singapura adalah tim yang punya tradisi kuat di Piala AFF. Negara yang terletak di Semenanjung Malaya itu pemegang empat kali gelar juara Piala AFF. Indonesia pernah dipecundangi Singapura pada 2004 di partai puncak Piala AFF yang saat itu masih bernama Piala Tiger.

Baca juga  Kalah Lagi, Barcelona Luluh Lantak di Kandang Benfica

Kepiawaian Singapura dalam bertransisi dari menyerang ke bertahan atau sebaliknya menjadi perhatian khusus Shin. Hal itu diketahuinya dari rekaman pertandingan Singapura melawan Thailand.

Dalam lima pertemuan terakhir menghadapi Singapura di Piala AFF, Tim ”Garuda” memetik dua kali kemenangan, satu kali imbang, dan dua kali kalah. Pada pertemuan sebelumnya di Piala AFF 2018, Timnas Indonesia dibekuk 0-1 oleh Singapura pada babak penyisihan grup.

Indonesia masih belum akan diperkuat penyerang klub Liga Slowakia FK Senica, Egy Maulana Vikri, yang baru tiba di Singapura. Shin memberikan waktu bagi Egy untuk beristirahat. Egy diperkirakan baru akan memperkuat Indonesia di leg kedua.

Baca juga  Lawan Timor Leste, Timnas Indonesia Pantang Anggap Enteng

Indonesia mengalahkan Malaysia, 4-1, sekaligus menjadi juara Grup B. Indonesia akan jumpa Singapura pada leg pertama babak semifinal Piala AFF, Rabu (22/12/2021).

Secara khusus, Shin meminta anak asuhnya untuk tampil lebih berhati-hati agar tidak mendapat lebih banyak kartu kuning. Sejauh ini Indonesia menjadi tim penerima kartu kuning terbanyak di Piala AFF dengan total sembilan kartu kuning.

Tinggalkan Komentar