Tak Sampaikan Hasil Pemeriksaan Ajudan Lili, KPK Dituding Munafik

Tak Sampaikan Hasil Pemeriksaan Ajudan Lili, KPK Dituding Munafik - inilah.com
MAKI Mengkritik KPK yang Tidak Menyampaikan Hasil Pemeriksaan Ajudan Lili Pintauli Siregar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga menyampaikan hasil pemeriksaan ajudan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, Oktavia Dita Sari. Padahal, pemeriksaan Oktavia dilakukan pada Senin (6/9/2021) lalu.

Biasanya, KPK melalui Plt Juru Bicara Ali Fikri, memberikan update hasil pemeriksaan terhadap kasus-kasus yang tengah disidik.

Sikap KPK ini pun dikritik. Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menyoroti sikap tidak keterbukaan KPK kepada publik dalam penanganan kasus dugaan korupsi jual beli jabatan di Pemerintahan Kota Tanjungbalai.

“Sikap KPK yang tidak mengumumkan hasil pemeriksaan ajudan Ibu Lili mengindikasikan dugaan ada sesuatu yang coba disembunyikan. Meski saksi memiliki keterkaitan dengan Ibu Lili seorang pimpinan, bukan berarti harus ada perbedaan perlakuan dengan saksi-saksi lain,” kata Boyamin lewat pesan singkat kepada Inilah.com, Jumat (10/9/2021).

Baca juga  Jadi Tersangka Dua Kasus Korupsi Sekaligus, Berapa Harta Alex Noerdin?

Boyamin menyebut sikap tertutup lembaga antirasuah sama saja mengkhianati asas transparansi yang sering disampaikan KPK kepada masyarakat.”Bagaimana KPK menuntut pihak lain transparan jika dirinya malah tertutup? Kalau tidak salah perbuatan ini bisa masuk kategori munafik,” imbuhnya.

Adapun KPK harus patuh terhadap azas keterbukaan sebagaimana diatur ketentuan Pasal 5 UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK, dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, KPK berazaskan pada kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, dan proporsionalitas.

Keterkaitan Oktavia diperiksa KPK diduga tak lepas dari pelanggaran kode etik Lili. Di mana, Dewas KPK telah menjatuhkan sanksi berat Lili atas menjalin komunikasi dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial untuk kepentingan pribadi.

Baca juga  Urusan Penindakan, KPK Dapat Rapor Merah

Tinggalkan Komentar