Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Tambah Keahlian Pengemudi, TransJakarta Siap Buka ‘Bus Academy’

Bus Academy

PT TransJakarta bakal membuka sekolah kompetensi melalui ‘Bus Academy’ untuk menambah keahlian para pengemudi armada bus TransJakarta.

“Kami ingin pramudi ada keahlian spesifik terkait mengemudi TransJakarta,” kata Direktur Utama TransJakarta Mochammad Yana Aditya setelah menghadiri rapat dengan Komisi C DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Menurut dia, mengemudikan bus berukuran besar dengan lalu lintas yang padat di Jakarta membutuhkan keahlian khusus yang berbeda ketika mengendarai kendaraan biasa.

Selain mengemudikan bus besar di jalur biasa, para pengemudi bus TransJakarta juga harus mahir berkendara di jalur khusus bus dengan luasan yang sudah ditentukan di setiap halte atau pemberhentian.

Baca juga
Buntut Pemecatan Terawan, Dua Kali DPR Panggil IDI

“Ada keahlian khusus untuk mengemudi BRT (Bus Rapid Transit). Nah itu yang sebenarnya kami ingin jadikan sebuah sekolah namanya ‘Bus Academy’,” katanya.

BUMD DKI ini bekerja sama dengan 17 operator bus yang selama ini sebagian besar merekrut para pengemudi. TransJakarta juga melakukan pengawasan tata kelola melalui Standar Prosedur Operasional (SOP).

Dengan begitu, lanjut Yana, sekolah pengemudi dan SOP yang sudah ada diharapkan saling melengkapi. “Harapannya nanti semua operator juga akan memiliki standar yang sama dengan kami punya,” katanya.

Pihak TransJakarta secara bertahap melakukan sosialisasi kepada operator bus sembari finalisasi perizinan di Kementerian Tenaga Kerja terkait kompetensi pengemudi untuk standardisasi.

Baca juga
Pernah Pimpin Kementerian ESDM, Sudirman Said Kini Jabat Komisaris Utama TransJakarta

Selain soal sekolah pengemudi, tahun ini TransJakarta juga menyiapkan tujuh lokasi istirahat untuk pengemudi di ujung koridor dan inspeksi rutin sebelum armada beroperasi.

Beberapa upaya tersebut dilakukan untuk memastikan kelayakan pengemudi, keamanan, serta kenyamanan operasional.

Tinggalkan Komentar