Tangani COVID-19, Dua Kabupaten Dapat Bantuan Konsentrator Oksigen dan Paket Vitamin dari Adaro

Tangani COVID-19, Dua Kabupaten Dapat Bantuan Konsentrator Oksigen dan Paket Vitamin dari Adaro - inilah.com

Pemerintah Indonesia masih terus berupaya menanggulangi pandemi COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki sehingga pandemi ini masih belum cepat tuntas.

Selain Pemerintah, beberapa pihak baik perorangan maupun perusahaan ikut berpatisipasi membantu dalam penanggulangan pandemi COVID-19 ini. Salah satu yang sempat ramai beberapa waktu lalu yaitu kewalahannya pihak rumah sakit akan ketersediaan oksigen untuk pasien COVID-19 yang jumlahnya terus meningkat.

“Kali ini, dukungan kami wujudkan melalui alat konsentrator oksigen yang telah memenuhi kriteria kemudahan dalam penanganan pasien dan dapat menjaga semangat para tenaga kesehatan. Kami berharap unit konsentrator oksigen ini akan semakin melengkapi rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya dalam menangani pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen,” kata Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir dalam keterangannya.

Baca juga  Hindari Pinjol Ilegal, OJK: Itu Kejahatan

Tak hanya total 65 alat konsentrator oksigen, pihak Adaro juga menyalurkan 14.000 paket vitamin untuk Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan di Kalimantan Selatan. Bantuan ini diterima langsung oleh Bupati Tabalong H. Anang Syahfiani di RSUD Badaruddin Kasim Tabalong dan Bupati Balangan Abdul Hadi di RSUD Balangan pada Rabu (1/9/2021).

Boy Thohir, sapaan akrab Garibaldi Thohir, mengatakan bantuan ini diberikan sebagai bentuk dukungan pihaknya kepada Pemerintah dalam penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Harapan kami, dukungan yang kami berikan ini dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat sehingga kita bisa segera melalui masa sulit ini bersama-sama,” ujar dia.

Adaro bekerja sama dengan Yayasan Satriabudi Dharma Setia (YSDS) memberikan dukungan total 1.000 konsentrator oksigen senilai Rp12,6 miliar kepada rumah sakit dan klinik yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga  Sumardy Jadi Ketua DPP PSI, Ligwina Hananto Sindir Pengirim 'Peti Mati'

Sebanyak 300 konsentrator oksigen didistribusikan ke 15 fasilitas kesehatan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang merupakan wilayah operasional Adaro.

Yang terbaru, Adaro memberikan dukungan berupa 45 alat konsentrator oksigen dan 10.000 paket vitamin untuk Kabupaten Tabalong, serta 20 konsentrator oksigen dan 4.000 paket vitamin untuk Kabupaten Balangan.

Di samping mendistribusikan unit Konsentrator Oksigen, YSDS akan melakukan sosialisasi tata cara penggunaan, sehingga barang dipastikan dapat berfungsi secara optimal.

Adaro memastikan konsentrator oksigen ini memenuhi kriteria kemudahan dalam penanganan pasien yaitu mudah dipindahkan dan dibawa ke lokasi pasien, tidak perlu penanganan yang kompleks serta tidak perlu diisi ulang.

Sejak awal pandemi pada Maret 2020, Adaro telah bersinergi dengan berbagai pihak antara lain melalui BNPB selaku Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19) lewat pemberian bantuan senilai total Rp20 miliar.

Baca juga  Dokter Reisa, Sudah Vaksin Jangan Abai Prokes

Bantuan ini telah dimanfaatkan untuk mendukung pahlawan tenaga medis, yaitu para dokter, perawat, hingga anggota TNI yang menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Bantuan tersebut juga dialokasikan untuk penyediaan 20 mobil ambulans yang membantu mobilisasi para pasien atau masyarakat yang terpapar COVID-19.

Adaro juga bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam menyiapkan dan menyalurkan 100 Unit Ventilator COVENT-20 dan 40 Emergency Ventilator Dharcov-23S dari Dharma Group ke rumah sakit di Indonesia, menyediakan unit alat untuk tes laboratorium COVID-19 dan alat rapid test untuk beberapa rumah sakit, hingga memberikan bantuan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis.

Tinggalkan Komentar