Tanggapi Survei BPS, Anies: Warga Jakarta Makin Matang Berdemokrasi

Tanggapi Survei BPS, Anies: Warga Jakarta Makin Matang Berdemokrasi - inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

Provinsi DKI Jakarta didaulat menjadi provinsi paling demokratis berdasarkan rilis indeks demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Menanggapi capaian tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut warga Jakarta makin matang dalam berdemokrasi.

“Pertumbuhan demokrasi ini hanya bisa terwujud berkat kolaborasi seluruh stakeholder dan komponen masyarakat yang telah menjaga DKI Jakarta tetap kondusif dan demokratis,” ujar Anies akun twitter-nya, Senin (6/9/2021).

Dalam rilis BPS, angka IDI DKI Jakarta menduduki peringkat satu secara nasional dengan nilai indeks sebesar 89,21. Bahkan, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta berhasil mempertahankan posisi peringkat satu selama empat tahun berturut-turut, sejak 2017.

Baca juga  Jakarta International Stadium (JIS), dari Zero Run Off, Green Building, sampai Gigi Balang


“IDI Provinsi DKI Jakarta selalu meraih kategori baik dan nilai IDI DKI terus bertumbuh, yakni 84,73 pada 2017, 85,08 pada 2018, dan 88,29 pada 2019,” ungkap Anies.

Anies mengatakan ada tiga aspek yang dinilai dalam penghitungan nilai IDI, yakni aspek kebebasan sipil, aspek hak-hak politik, dan aspek lembaga demokrasi. Dalam aspek hak-hak politik, angkanya naik 1,09 poin dibandingkan 2019, yakni sebesar 84.95 poin; aspek kebebasan sipil, angkanya naik 2,26 poin dibandingkan 2019, sebesar 93,27 poin; dan aspek lembaga demokrasi, angkanya turun 1,03 dibandingkan 2019, yakni 90,86 poin.


“Indeks ini adalah semacam cermin untuk kita merefleksikan kekuatan dan kekurangan dalam berdemokrasi. Sekalipun capaian indeks demokrasi DKI Jakarta di tahun ini sudah makin tinggi, masih ada beberapa pekerjaan rumah. Mari pertahankan hal-hal yang sudah baik, dan bersama-sama perkuat yang masih kurang, untuk Jakarta yang lebih aman dan demokratis. Kita ingin Ibu Kota terus menjadi rujukan di dalam menjaga suasana demokratis di Indonesia,” pungkas Anies.

Baca juga  Foto: Potret Bareskrim Polri Rilis Pengungkapan Jaringan Ganja Aceh-Medan-Jakarta dengan Barang Bukti Ganja Sebanyak 244,4 Kilogram

Tinggalkan Komentar