Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Tanggapi Survei CSIS, PAN: Anies Bakal Dipertimbangkan Partai Politik

Selasa, 27 Sep 2022 - 16:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

Partai Amanat Nasional (PAN) meyakini Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akan dipertimbangkan partai politik untuk diusung terjun gelanggang di Pilpres 2024.

Terlebih, Center of Strategic and International Centre (CSIS) merilis survei yang menempatkan Anies di posisi puncak. Bahkan, dalam simulasi Pilpres 2024 yang diikuti dua pasangan calon Presiden, Anies tercatat menang dan menumbangkan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

“Sebetulnya menggambarkan tentunya akan menjadi pertimbangan dari masing-masing parpol,” ujar Wasekjen DPP PAN, Slamet Ariyadi kepada Inilah.com, Selasa (27/9/2022).

Dia menyebut, hasil survei yang mengukur elektabilitas sejumlah figur dapat memotret situasi kekinian dukungan masyarakat di Pilpres 2024.

Baca juga
Foto: Momen Prabowo Pidato Politik di PKB Road to Election 2024

Sehingga, lanjutnya, survei akan menjadi acuan partai politik menjajaki figur yang masuk ke dalam bursa calon Presiden.

“Ya bagi kami wajar saja karena setiap lembaga survei memiliki metode yang berbeda ada juga kesamaan dari metodenya. Analisa saya bahwa elektabilitas yang unggul berdasarkan survei akan menjadi opsi berikutnya,” jelasnya.

Di sisi lain, penjajakan juga akan dilakukan antar partai politik agar calon Presiden yang hendak diusung mengantongi tiket presidential threshold sebesar 20 persen. Untuk itu, figur capres didorong untuk disepakati oleh sejumlah partai agar bersama-sama menuju gelanggang Pilpres 2024.

“Mereka (capres) juga harus diinginkan oleh berbagai partai yang notabenenya memiliki hak untuk merekomendasikan bakal calon presiden dengan asumsi memenuhi PT 20 persen,” terang dia.

Baca juga
Foto: Cegah Pelecehan Seksual, Penumpang Angkot di Jakarta Bakal Dipisah

“Masing-masing internal parpol sekarang masih melakukan penjajakan untuk mengusung capres,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar