Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Tanggul Jebol, 58 Rumah di Sigi Diterjang Banjir

Rabu, 07 Sep 2022 - 17:52 WIB
Penulis : Anton Hartono
tanggul jebol inilah.com
Warga Sigi terendam banjir setelah tanggul Sungai Gumbasa jebol

Puluhan rumah di wilayah Sigi, Sulawesi Tengah terendam banjir setelah tanggul Sungai Gumbasa mengalami jebol, bahkan satu bangunan rumah rusak tersapu derasnya arus banjir.

Jembatan Gumbasa Sigi merupakan ruas jalan Trans Palu-Kulawi yang menghubungkan sejumlah wilayah di Kabupaten Sigi. Dari musibah itu mengakibatkan sejumlah akses terputus.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi mencatat sebanyak 58 rumah terendam banjir dan 662 warga Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa terdampak, sehingga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Warga dibantu petugas dari BPBD, kecamatan dan kantor desa pun telah mendirikan dapur umum untuk kebutuhan para pengungsi. “Kebutuhan mendesak saat ini alat berat untuk normalisasi sumber bencana dusun 1 sedikitnya 3 titik, dukungan bahan makan kebutuhan dapur umum serta air bersih kebutuhan memasak dan MCK,” kata Asrul Repadjori, Kepala BPBD Kabupaten Sigi.

Baca juga
Tanggul Laut yang Jebol di Semarang Sepanjang 20 meter

Dirinya menceritakan banjir tak hanya merusak rumah warga tapi juga fasilitas umum seperti balai pertemuan desa, pasar, sekolah, dan tempat ibadah.

Terkait dengan normalisasi sungai, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti dinas kesehatan, dinas sosial untuk memenuhi kebutuhan logistik dan pelayanan kesehatan.

Tinggalkan Komentar