Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Tanggung Jawab Orang Tua Penuhi Gizi Anak Berdampak untuk Masa Depan

Sabtu, 16 Jul 2022 - 13:52 WIB
Gizi Anak
Freepik

Memastikan kesehatan yang baik dan gizi yang cukup pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) pada seorang anak merupakan peran penting bagi orang tua. Sebab, hal tersebut berdampak kepada kehidupan anak di masa mendatang.

Memahami padatnya kesibukan sebagai orang tua di tengah perjalanan tumbuh kembang anak, tidak boleh mengurangi kewajiban orang tua untuk tetap memberikan yang terbaik bagi anak khususnya dimulai dari pengolahan dan penyajian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

IPDA dr. Harun Albar M.Kes SpA, Dokter Spesialis Anak mengungkapkan, orang tua menjadi sosok utama terhadap pemenuhan gizi di 1000 HPK seorang anak, guna mencegah terjadinya stunting atau kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis yang menyebabkan anak terlalu pendek untuk usianya.

Baca juga
Demi Kesehatan Gigi Anak, Sandra Dewi Rela Repot

“Kekurangan gizi bisa terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah bayi lahir, kondisi stunting baru terlihat setelah bayi berusia dua tahun,” kata Harun Albar di acara Mothercare, ditulis di Jakarta, Sabtu, (16/7/2022).

Pada periode MPASI, para orang tua perlu memperhatikan dengan baik terhadap strategi pemberiannya, dimulai dari faktor tepat waktu, adekuat, aman dan higienis, serta diberikan secara responsif kepada anak.

MPASI dapat dibuat secara homemade atau dibuat sendiri oleh orang tua. Meski begitu, perlu mencermati kandungan makanan yang diolah seperti perlunya cukup asupan protein hewani, lemak, mikronutrien, dan pemberian dalam jumlah terbatas untuk bahan makanan yang mengandung serat, gula, dan garam.

Tinggalkan Komentar