Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Tank Leopard Seperti Milik TNI Bakal Unjuk Gigi di Perang Ukraina

Kamis, 19 Jan 2023 - 20:04 WIB
Tank Leopard Ukraina
Tank Leopard 2RI milik TNI Angkatan Darat dalam sebuah latihan militer. (foto: Pinterest)

Tank terbaik dunia buatan Jerman, yakni Leopard, tak lama lagi akan ikut unjuk gigi di Perang Ukraina dengan Rusia. Tank yang juga dimiliki TNI Angkatan Darat ini dikenal dunia karena ketangguhannya.

Ukraina selangkah lebih dekat dalam upayanya untuk mendapatkan armada tank tempur modern yang diharapkan dapat mengubah arah perang dengan Rusia. Hal ini setelah Jerman mendapat desakan dari banyak mintranya di Eropa untuk mengesahkan ekspor tank Leopard ke Ukraina.

Kanselir Jerman Olaf Scholz menghadapi tekanan yang meningkat pada Selasa (17/1/2023) dari mitranya di Eropa untuk mengesahkan ekspor tank Leopard ke Ukraina. Para pemimpin dan menteri dari Finlandia, Lituania, Polandia, dan Inggris telah menambahkan suara mereka berupa tuntutan yang semakin besar agar Berlin memberi lampu hijau pada ekspor Leopard buatan Jerman ke Ukraina.

Presiden Polandia Andrzej Duda mengingatkan di Forum Ekonomi Dunia di Davos bahwa Polandia telah menawarkan untuk menyediakan sekitar 14 tank Leopard, tetapi membutuhkan persetujuan Jerman untuk mengekspornya.

“Kami berharap dan kami sedang berusaha mengorganisir dukungan yang lebih besar untuk Ukraina,” kata Duda. “Kami berharap produsen tank-tank itu, Jerman, juga akan berpartisipasi dalam hal ini, menurut pendapat saya, sangat, sangat, sangat ide bagus,” imbuhnya.

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto juga mengulangi kesediaan Finlandia untuk mengirimkan Leopard. “Kami berharap bahwa keputusan ini (untuk mengirimkan tank Leopard) akan dibuat nyata, dan Finlandia pasti siap untuk memainkan perannya dalam dukungan itu,” katanya dalam acara sampingan di paviliun bertema Ukraina.

Baca juga
Tegaskan TNI AD Solid, Jenderal Dudung Minta Prajurit Setop Kecam Effendi Simbolon

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Rabu (18/1/2023), mengatakan bahwa negara-negara Barat terus mengirim bantuan militer ke Kiev. Tujuan mereka hanya satu yakni berharap Ukraina dapat menang di medan perang. Mengirim senjata ke Ukraina secara masif juga menjadi salah satu strategi Barat untuk memenangkan perang yang terjadi sudah hampir setahun ini.

“Jika melihat lintasan dari Stingers, ke Javelin, ke HIMARS, ke kendaraan tempur Bradley, ke baterai rudal Patriot, kami terus menyediakan apa yang dibutuhkan Ukraina,” lanjutnya. Menurut perkiraannya, Kiev telah menerima sekitar US$25 miliar bantuan keamanan ke Ukraina selama kurang dari setahun. “Saya mengantisipasi bahwa akan mendengar lebih banyak pengumuman di masa mendatang,” tambahnya, seperti dilansir TASS.

Sementara itu pihak Kremlin mengatakan pekan lalu bahwa pengiriman senjata baru, termasuk kendaraan lapis baja buatan Prancis, ke Kiev akan ‘memperdalam penderitaan rakyat Ukraina. dan tidak akan mengubah jalannya konflik.

Vladimir Solovyev, seorang presenter pro-Kremlin di televisi negara Rossiya 1, mengatakan negara Barat mana pun yang memasok senjata yang lebih canggih ke Ukraina harus dianggap sebagai target yang sah untuk Rusia.

Rencana pengiriman tank tangguh buatan Jerman ini tentu akan membuat kekuatan Ukraina bertambah. Hingga saat ini tank adalah salah satu alat pertahanan tempur dan masih digunakan sampai sekarang serta telah digunakan untuk menyerang musuh sejak Perang Dunia I.

Tank Leopard Ukraina

TNI AD juga miliki tank ini

Selama ini tank buatan Jerman dikenal sangat kuat. Seperti sistem persenjataan lain, kemampuan industri pertahanan Jerman untuk mengembangkan tank tempur utama tidak diragukan lagi. Jerman dikenal dengan teknik mesinnya karena sistem pendidikan berkualitas tinggi dan mampu memproduksi banyak peralatan militer modern yang dilengkapi dengan teknologi terbaik.

Baca juga
TNI Bersiaga Redam Bentrok Antarsuku di Jayawijaya

Tank terbaik dunia buatan Jerman yang sangat dikenal adalah Leopard. Tank ini menjadi jenis tank yang ternama bahkan kehebatannya disandingkan dengan kehebatan tank Merkava milik Israel atau tank Abrams milik AS.

Tank Leopard kini juga menjadi kebanggaan pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Kehadiran tank Leopard ini menjadi salah satu keunggulan militer Indonesia. TNI memiliki sekitar 61 Tank Leopard 2RI dan 41 unit Tank Leopard 2A4. Dengan deretan tank tangguh ini, mengutip militer.id, menjadikan militer Indonesia menduduki peringkat ke-16 dari jumlah 137 negara yang dilihat dari kekuatan militernya.

Ada banyak fitur canggih pada tank TNI itu. Leopard 2RI memiliki teknologi AMP yang sangat canggih, yang merupakan Advanced Modular Armour Protection. Teknologi ini berfungsi untuk melindungi seluruh bagian sisi pada tank dari segala ancaman. Mulai dari bagian rudal antitank hingga roket balistiknya. Sistem perlindungan yang terdapat pada leopard 2RI ini juga telah digunakan oleh hampir seluruh jenis tank yang kekinian sampai saat ini.

Menurut para pengamat militer, Leopard 2 ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan unggul. Tank ini menjadi penerus dari leopard 1 yang telah didesain sejak 1979. Leopard 2 adalah buatan dari Krauss-Maffei Wegmann dan Maschinenbau Kiel.

Spesifikasi yang dimiliki tank ini meliputi mesinnya sudah ditenagai oleh turbo ganda V12 buatan MTU. Hal itulah yang membuat mesin ini mampu melarikan tank dengan bobot sekitar 68 ton dengan kecepatan maksimal 68 km/jam. Senjata utama yang terdapat pada Leopard 2 yang memiliki kru empat personil itu yakni sepasang senapan mesin MG3A1 dengan meriam L/44 Rheinmetall 120mm.

Baca juga
Anggota DPR Diminta Tak Provokasi TNI

Sedangkan tank varian 2A4 yang dimiliki Indonesia memiliki jenis senapan mesin yang telah di-upgrade dengan senapan mesin MG 87. Ditambah lagi dengan alat komunikasinya yang canggih dan tambahan AC yang cukup dingin.

Gahar tapi nyaman

Dalam kelahiran tank buatan Jerman ini, nama Ferdinand Porsche sebagai pendiri mobil-mobil sport mewah juga berperan penting di dalamnya. Dia yang memberi nama tank-tank canggih tersebut. Termasuk Leopard 2RI milik Indonesia ini yang didesain langsung oleh Porsche sebagai jenis tank tempur paling pertama, yang menggunakan kendali elektrik mesin dengan AC system di dalam bahan bakar mesinnya.

Mesin perang Leopard 2RI ini disebut-sebut sebagai mesin perang ternyaman bahkan tingkat kenyamanannya disetarakan dengan Limousin. Peralatan di dalamnya bukan hanya canggih, tapi dibuat senyaman mungkin untuk operatornya. Kenyamanan yang luar biasa juga akan dirasakan langsung oleh para penumpangnya.

Tinggalkan Komentar