Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Targetkan Swasembada Gula di 2024, Erick Minta PTPN Gandeng Petani Tebu

Selasa, 10 Mei 2022 - 22:10 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Editor : Ibnu Naufal
Targetkan Swasembada Gula di 2024, Erick Minta PTPN Gandeng Petani Tebu

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta PT Perkebunan Nusantara (PTPN) mampu mewujudkan swasembada gula pasir putih pada 2024.

Untuk mencapai target swasembada gula pada 2024 maka PTPN harus menggandeng para petani tebu. Dengan kemitraan itu target tersebut akan mudah PTPN capai.

“Saya sudah diskusi dengan jajaran Direksi PTPN Holding untuk bisa mewujudkan swasembada gula putih konsumsi pada 2024, dan manajemen menyatakan sanggup. Kami yakin bisa terjadi karena potensi ini sangat besar,” ujar Erick Thohir, di Bandarlampung, Lampung, Selasa (10/5/2022).

Ia mengatakan dengan adanya potensi tersebut maka pihaknya menugaskan PTPN untuk melibatkan petani tebu guna mewujudkan swasembada gula pasir.

Baca juga
Perlindungan Agen BRILink Jadi Perhatian Menteri Erick

“Keterlibatan petani tebu menjadi salah satu bagian penting untuk mewujudkan misi pemerintah guna membantu menjaga kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dia melanjutkan keterlibatan petani tebu dalam mewujudkan swasembada gula putih, pemerintah akan melakukan dengan menggunakan pola kemitraan. Pola itu menjadi pola yang paling menguntungkan petani.

“Sebagai BUMN harus berjalan harmonis dengan lingkungan, terutama bagi petani. Para petani di lapangan juga harus diberi advokasi sehingga mendapat nilai tambah. Intinya PTPN harus memberdayakan petani pada setiap lini bisnisnya,” tambahnya.

Hal serupa dikatakan oleh Direktur Utama PTPN Holding, Muhammad Abdul Ghani.

Dia mengatakan siap untuk mewujudkan swasembada gula secara nasional melalui pembentukan perusahaan subholding PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) yang akan terfokus mengurus industri gula.

Baca juga
Anggota Komisi VI DPR Apresiasi Menhan Prabowo dan Erick Thohir Luncurkan Defend ID

“PTPN Grup mengelola lebih dari 50 ribu hektare tanaman tebu di beberapa anak perusahaan. Pada musim giling tahun 2022 ini PTPN mentargetkan 1,1 juta ton produksi gula konsumsi. Dan secara bertahap kita akan pacu terus sehingga produksi gula konsumsi PTPN VII mampu memenuhi 70 persen kebutuhan nasional,” katanya lagi.

Tinggalkan Komentar