Sabtu, 13 Agustus 2022
15 Muharram 1444

Taufik Gabung Nasdem, Suara Gerindra di DKI Tergerus

Minggu, 03 Apr 2022 - 13:47 WIB
opik
Wacana perpindahan M Taufik dari Gerindra ke Nasdem diyakini bakal membawa dampak elektoral.

Wacana bergabungnya mantan Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik, ke Partai Nasdem diyakini bakal membawa dampak elektoral. Artinya, suara Gerindra di DKI bakal tergerus dan menguntungkan Nasdem pada Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin meyakini potensi itu. Dia menyontohkan tergerusnya suara PPP ketika mendiang Lulung lompat pagar ke PAN hingga naik kelas menjadi anggota DPR, dan perpindahannya memberi dampak elektoral bagi PAN DKI.

“Almarhum Haji Lulung dulu di PPP, pemilu lalu masuk PAN dan perolehan suara PAN di DKI naik. Itu karena ketokohan Haji Lulung. Ini mungkin juga bisa terjadi di Gerindra,” kata Ujang, di Jakarta, Minggu (3/4/2022).

Baca juga
Hanura Ditinggal Kader, Ramai-ramai Pindah ke NasDem

Ujang menilai wajar adanya asumsi suara Gerindra DKI bakal tergerus ketika Taufik memutuskan pindah partai. Pasalnya secara empiris kasus seperti ini sering terjadi ditambah adanya faktor ketokohan Taufik di DKI.

“M Taufik itu tokoh Jakarta dan juga pernah jadi Ketua DPD Partai Gerindra DKI. Kepindahan M Taufik sedikit banyak akan merugikan Partai Gerindra di DKI Jakarta,” tambahnya.

Pada Pemilu 2019 yang lalu Taufik mengantongi 21.624 suara. Dia melanjutkan status sebagai anggota DPRD dan menjabat Wakil Ketua DPRD DKI untuk periode kedua.

“Jika Gerindra menemukan tokoh lain yang memiliki level sama dengan M Taufik atau lebih bagus lagi, bisa saja Gerindra masih kuat,” tuturnya. [WIN]

Tinggalkan Komentar