Tegas ke China, Indonesia Tidak Akan Hentikan Aktifitas di Laut Natuna Utara

Kapal TNI Natuna Utara- inilah.com
ist

Indonesia menyatakan tidak akan menghentikan aktifitas pengeboran minyak dan militer di Laut Natuna Utara. Indonesia menolak klaim China atas wilayah perairan kawasan tersebut.

“Jawaban kami sangat tegas, bahwa kami tidak akan menghentikan pengeboran karena itu adalah hak kedaulatan kami,” kata anggota Komisi I DPR, Ahmad Farhan, Rabu (1/12/2021).

Sebelumnya China melayangkan surat protes ke Kementerian Luar Negeri terkait aktifitas pengeboran minyak di Laut Natuna Utara. China menyebtu kawasan itu bagian sembilan garis putus milik mereka.

“Itu (surat dari China-red) sedikit mengancam karena itu menjadi upaya pertama diplomat-diplomat China mendorong agenda sembilan garis putus-putus mereka terhadap hak-hak kami di bawah Hukum Laut,” ujar Farhan.

Baca juga  Banyak Kecelakaan, Standar Jalan Tol di Indonesia Belum Aman

Pemerintah Indonesia tetap diam soal hal ini demi menghindari konflik maupun pertengkaran diplomatik dengan China.

Sebelumnya China juga memprotes latihan militer Garuda Shield yang diikuti 4.500 tentara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) di Laut Natuna Utara.

“Dalam surat resmi mereka, pemerintah China menyampaikan kekhawatiran mereka soal stabilitas keamanan di area tersebut,” kata Farhan.

Tinggalkan Komentar