Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Teknologi untuk Belajar Kitab Suci

Senin, 05 Ags 2019 - 05:00 WIB
Penulis : Dindien Ridhotulloh

TEKNOLOGI semakin memudahkan kehidupan manusia dari hari ke hari. Untuk pergi ke sana dan ke sini, ada teknologi transportasi yang selalu berkembang. Memanjakan manusia dengan berbagai moda transportasi baru yang tidak pernah ada sebelumnya, yang membuat perjalanan jauh pun terasa cepat dan menyenangkan.

Ada juga teknologi konstruksi yang membuat berdiri berbagai gedung megah di seluruh penjuru negeri. Ada teknologi juga teknologi kedokteran, industri, metalurgi, yang semuanya membawa manfaat bagi kehidupan manusia.

Banyak sisi kehidupan manusia yang terbantu dengan hadirnya beragam teknologi tersebut, tidak terkecuali bagi 87,2% penduduk muslim di Indonesia yang sekarang bisa mengakses pembelajaran untuk membaca kitab suci mereka, yakni al-Qur’an, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi.

Belajar Al-Qur’an di Era Teknologi

Seperti kita tahu, al-Qur’an sebagai kitab suci agama Islam bukan berbahasa Indonesia, bahkan diturunkan dalam bahasa Arab. Hal ini membuat kita harus bisa membaca huruf Arab untuk dapat membacanya dengan baik dan benar. Sayangnya tidak semua orang memiliki waktu dan akses pengajar untuk bisa mempelajarinya kapan pun dan di mana pun.

Untungnya di zaman teknologi informasi ini banyak dan mudah akses untuk belajar Qur’an. Salah satunya kini tersedia banyak sekali metode pembelajaran untuk membaca Qur’an berbasis teknologi. Cukup beberapa kali mengetik pada keyboard atau tap pada layar smartphone, akan terpampang berbagai kurikulum dan media pembelajaran membaca kitab suci ummat Islam tersebut.

Ragam kurikulum luar biasa banyaknya, metode pembelajaran pun berbeda-beda. Tinggal pilih Anda lebih cocok belajar dengan metode yang mana. Mau yang gratis ataupun yang premium seperti yang disediakan bisaquran.com pun ada, bedanya hanya di jumlah uang yang Anda keluarkan dan layanan yang Anda dapatkan. Yang premium umumnya memiliki fasilitas lebih tentunya.

Masih merasa kurang dengan sekadar bisa membaca al-Qur’an saja? Tidak masalah. Dengan teknologi informasi kita pun dapat menyelami al-Qur’an dengan lebih dalam lagi. Kita bisa beranjak membaca terjemah ayat-ayat al-Qur’an dan juga tafsirnya dengan mudah. Cukup dengan menjelajahi berbagai website yang menyediakan tafsir al-Qur’an di dunia maya. Contohnya seperti yang disediakan oleh tafsirweb.com, yang menyediakan Tafsir Ringkas Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Ringkas Kementrian Agama Saudi Arabia, dan juga beberapa jenis tafsir ringkas lainnya.

Sangat mudah dan sangat cepat untuk bisa belajar kitab suci bahkan belajar apa pun di zaman teknologi informasi ini. Selanjutnya insyaaAllah tinggal konsistensi kita dalam belajar yang menentukan sebanyak apa ilmu yang akan kita dapatkan, dan konsistensi kita dalam mengamalkan yang menentukan sebanyak apa manfaat untuk sesama yang dapat kita sebarkan. [Adv]