Temuan Transaksi Rp120 Triliun, Diduga Tidak Cuma Transaksi Narkoba

Temuan Transaksi Rp120 Triliun, Diduga Tidak Cuma Transaksi Narkoba - inilah.com
istimewa

Badan Narkotika Nasional (BNN) akan menelusuri asal usul temuan transaksi keuangan sebesar Rp120 triliun yang diungkap Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Kabiro Humas dan Protokol BNN Brigjen Pol Sulistyo Pudjo Hartono menegaskan pihaknya akan mendalami informasi temuan tersebut bersama PPATK. Diharapkan masyarakat segera mengetahui informasi itu secara benar.

“Kita belum tahu, diduga itu bisa jadi tidak hanya transaksi narkotika. Karena money laundring bisa juga disamarkan dengan transaksi lain atau ditutup dengan kegiatan-kegiatan legal lain,” ujarnya kepada Inilah.com, Kamis (7/10/2021).

Menurutnya, untuk menutupi pencucian uang biasanya disembunyikan dengan transaksi-transaksi yang legal. Cara itu diakuinya kerap dilakukan oleh para sindikat narkoba untuk mengelabui petugas.

Baca juga  Jenguk Anggota yang Ditabrak Bandar Narkoba, Kapolda Metro Janjikan Reward

“Narkotika itu transnasional, beberapa rekening itu bisa jadi tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri,” kata mantan Kabid Humas Polda Jabar itu.

Karena itu BNN bersama PPATK akan mencari tahu dugaan transaksi mencurigakan yang angkanya mencapai Rp120 triliun tersebut. Namun pihaknya meminta masyarakat bersabar untuk mendapatkan informasi secara tepat.

“Kita akan bekerja secara profesional. Kita akan tindaklanjut dengan kegiatan-kegiatan nyata,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala PPATK Dian Ediana Rae menyebut ada beberapa transaksi keuangan yang dianggap mencurigakan dengan angka di antaranya Rp1,7 triliun, Rp3,6 triliun, RP6,7 triliun, Rp12 triliun. Meski belum dirincikan secara keseluruhan, namun total angka temuan secara keseluruhan mencapai Rp120 triliun.

Baca juga  Hasil OTT Kolaka Timur, Bupati dan Kepala BPBD Jadi Tersangka, Ini Kasusnya

Tinggalkan Komentar