Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Ramai-ramai Temui Bos Tesla, Said Didu Sindir Pejabat Indonesia Jadi Sales Nikel China

Temui Bos Tesla, Said Didu Sindir Pejabat Jadi Sales Nikel China
Presiden Jokowi tiba di AS, salah satu agendanya bertemu CEO Tesla, Elon Musk.

Kelihatannya upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) membujuk Elon Musk membangun industri nikel untuk baterai kendaraan listrik di Indonesia, agak berat. Bos Tesla itu paham betul bagaimana jurus menyedot cuan besar.

Melalui akun twitternya, mantan Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu menyebut Tesla cerdas dalam berbisnis nikel. Jauh-jauh hari, Tesla sudah memborong nikel dari pemiliknya, yakni PT Vale Indonesia Tbk (INCO). “Tesla cerdas, beli nikel dari pemilik nikel langsung (Vale)-bukan beli nikel yang dipasarkan pejabat Indonesia padahal nikel tersebut sudah diserahkan ke perusahaan China,” dikutip dari akun Twitter @msaid_didu, Kamis (12/5/2022).

Selain itu, Said Didu juga menyindir para pejabat Indonesia yang gencar menemui Elon Musk untuk menawarkan investasi nikel. “Artinya, selama ini pejabat kita memasarkan nikel milik China. Tesla tidak mau tertipu,” tulisnya.

Baca juga
Lepas Kontingen SEA Games, Presiden Jokowi Targetkan RI Masuk 3 Besar

Bisa jadi analisa Said Didu benar. Mengutip Bloomberg, Senin (9/5/2022), Tesla telah menjalin kesepakatan dengan Vale untuk pembelian nikel. Laporan tahunan produsen kendaraan listrik itu dirilis pada Jumat (6/5/2022), yang merupakan pandangan paling komprehensif yang diberikan Tesla tentang hubungan pemasok logamnya. Ini adalah topik yang semakin diminati karena permintaan industri otomotif global untuk baterai EV telah melebihi pasokan.

Tidak seperti kebanyakan produsen mobil besar lainnya, Tesla telah berusaha untuk memproduksi sel baterai sendiri dan membeli bahan baku langsung dari produsen logam. Di Indonesia, Vale Indonesia (INCO) fokus menggarap proyek pengolahan dan produksi nikel di Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Baca juga
Respon Jokowi dan Anies soal Vonis Pencemaran Udara

Dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (11/5/2022), Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan megatakan tengah mengatur pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO Tesla, Elon Musk. “Kami sedang mengatur (Jokowi dengan Elon) di mana pertemuan terkait akan terjadi. karena sekarang timnya Tesla ada di kantor saya sedang bicara,” kata Menko Luhut.

Menko Luhut mengatakan, tim Tesla akan melakukan peninjauan ke lapangan. Morowali disebut menjadi salah satu lokasi yang akan ditinjau. Mengingat, pada 26 April 2022, Elon Musk mengungkapkan minatnya untuk bisa berinvestasi untuk membuat rantai suplai kendaraan listrik di Indonesia. [ikh]

Tinggalkan Komentar