Selasa, 31 Januari 2023
09 Rajab 1444

Terbentur Jadwal, Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Ditunda Pekan Depan

Selasa, 29 Nov 2022 - 21:01 WIB
Img 20221102 125516 - inilah.com
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (2/11/2022). (Foto: Antara)

Pelaksanaan uji kelayakan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tidak mungkin terselenggara pada pekan ini, sebab rapat pimpinan (Rapim) Badan Musyawarah (Bamus) DPR baru akan dilakukan Kamis (1/12/2022).

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, Komisi I DPR baru bisa melakukan uji kelayakan setelah mendapat penugasan dari Bamus DPR. Untuk itu, pihaknya sedang mengatur dan mencocokkan jadwal para pimpinan agar memenuhi kuorum rapim.

“Rapim bisa dilaksanakan apabila memenuhi kuorum. Kita akan atur dan komunikasikan dengan Ibu Ketua (DPR) dan pimpinan lain, apakah memungkinkan itu minggu depan,” ujarnya, Selasa (29/11/2022).

Dia meminta semua pihak bersabar dan jangan ada yang berpikiran negatif. Karena ada kesan, seperti DPR sedang menunda-nunda. Dasco menjelaskan semua harus dilakukan secara proporsional, melalui tahapan dan mekanisme agar tidak cacat hukum.

Baca juga
Prancis Melaju ke Perempat Final Usai Pecundangi Polandia 3-1

“Mekanisme yang diadakan itu juga harus melalui urutan-urutan yang ada sehingga kita tidak ingin juga proses fit and proper test panglima TNI ini tidak melalui prosedur yang ada. Enggak ada untungnya juga kita tunda-tunda,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, setelah surat presiden (surpres) sudah dibahas di Bamus, selanjutnya Komisi I DPR selakuk komisi teknis yang bertanggung jawab akan segera melakukan uji kelayakan terhadap Laksamana Yudo. “Jadi teman-teman tunggu saja dan nanti kita akan sampaikan apabila sudah fix jadwal rapim dan bamusnya,” pungkas Dasco.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Laksamana Yudo untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022. Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin juga telah menyebutkan uji kelayakan calon Panglima TNI bakal digelar pada Rabu (30/11/2022). “Komisi I sudah menyiapkan waktu hari Rabu (30/11) besok dan Kamis (1/12) untuk melaksanakan fit proper test untuk calon panglima baru,” kata Hasanuddin, Selasa (29/11/2022).

Tinggalkan Komentar