Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Terbongkar, Cara “Kotor” Buzzer Dongkrak Rating Aplikasi MyPertamina

Rabu, 06 Jul 2022 - 11:05 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Aplikasi MyPertamina (Foto inilah,.com)
Aplikasi MyPertamina (Foto inilah.com)

Sebuah foto yang beredar di situs jejaring sosial Twitter, mengungkap sebuah cara “kotor” untuk meningkatkan rating atau peringkat aplikasi MyPertamina di toko digital PlayStore dan Appstore. Cara seperti apa?

Dalam tangkapan layar yang beredar menunjukkan informasi dari Pertamina yang membuka lowongan buzzer untuk memberikan komentar positif dan rating bagus pada aplikasi MyPertamina.

“Freelance job buzzer job receh by JIC. Urgent butuh 1000 user untuk rating bintang 5 dan review positif satu paragraf,” tulis pesan berantai di WhatsApp yang tersebar luas di media sosial.

“1 Device bisa pakai banyak email. Fee talent: 4000 per akun. Handle:JIC. Langsung kerjakan hari ini,” lanjutan pesan itu.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, ia tidak mengetahui hal itu.

“Saya tidak ada info terkait hal tersebut. Kami tidak tahu hal itu. Bahwa bila ada yang memberikan penilaian kurang untuk aplikasi MyPertamina, sebagai masukan dan kritikan, tentu kami terima untuk perbaikan ke depan,” kata Irto dalam keterangannya, Rabu (6/7).

Baca juga
OTT Surabaya, KPK Amankan Hakim dan Uang Suap

Pemerintah mewajibkan pembelian Pertalite dan Solar di SPBU Pertamina menggunakan aplikasi MyPertamina. Ketentuan ini berlaku mulai 1 Juli 2022. Masyarakat kini mulai mengunduh MyPertamina.

Tapi karena berbagai macam alasan, aplikasi MyPertamina malah panen ulasan jelek di Google Play Store.

Namun dalam pelaksanan uji coba, berbagai warga sudah memberi tanggapan. Sebagian di antaranya ada yang bilang tidak bermanfaat.

Bahkan ada netizen yang sempat membahas aplikasi MyPertamina dengan tagar #MyPertaminaUnFaedah dan sempat menjadi trending topic di Twitter.

Berdasarkan pantauan inilah.com, Rabu (06/07/2022), aplikasi MyPertamina sudah diunduh lebih dari satu juta kali lewat Play Store. Dari jutaan unduhan tersebut, banyak pengguna yang meninggalkan ulasan dengan bintang satu hingga saat ini menjadi bintang 1,1.

Baca juga
Salatkan Jenazah Wali Kota Oded, Kang Emil tak Kuasa Menahan Air Mata

Dari daftar keluhan tersebut Ada yang kesulitan mendaftar karena tidak menerima one-time password (OTP), ada yang mengaku tidak bisa mendaftar karena nomor teleponnya sudah disebut telah terdaftar, dan beragam masalah terkait aplikasi error lainnya.

“Aplikasi selalu crash. Saya melewati halaman 2FA dengan mudah tanpa memasukkan OTP. Setidaknya, rilis aplikasi yang siap digunakan. Pastikan semuanya bekerja sebelum pergi ke produksi.,” kata pengguna.

“Begitu banyak bug, aplikasi macet dan ketika saya masuk ke aplikasi dan menekan tombol pusat panggilan, itu otomatis keluar, dll,” ujar pengguna lain.

Tinggalkan Komentar