Terbukti Suap Penyidik KPK, Walikota Tanjung Balai M Syahrial Divonis 2 Tahun Penjara

Terbukti Suap Penyidik KPK,  Walikota Tanjung Balai M Syahrial Divonis 2 Tahun Penjara - inilah.com
Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara kepada Walikota nonaktif Tanjung Balai, M Syahrial

Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara kepada Walikota nonaktif Tanjung Balai, M Syahrial karena terbukti menyuap penyidik KPK, AKP Robin Pattuju.

Selain pidana badan, Syahrial juga dikenakan denda senilai Rp100 juta atas kesalahannya tersebut.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana selama 2 tahun dan denda 100 juta subsider 4 bulan,” ujar Ketua Majelis Hakim di PN Medan, Senin (20/9/2021).

Adapun hal-hal yang memberatkan putusan yakni, terdakwa bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang sedang giat-giatnya memberantas tindak pidana korupsi.

“Hal yang meringankan, terdakwa kooperatif di proses persidangan, terdakwa bersikap sopan, terdakwa merupakan tulang punggung keluarga,” kata Majelis.

Baca juga  Jalur Pariwisata Bali Dibuka, Banyuwangi Genjot Vaksinasi COVID-19

Dalam amar putusan, hakim tidak mencabut hak politik untuk memilih ataupun dipilih, sebagaimana biasanya putusan terhadap koruptor lainnya.

“Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Menetapkan terdakwa tetap ditahan. Menetapkan menolak permohonan justice collaborator dari terdakwa,” kata hakim.

Tinggalkan Komentar