Jumat, 30 September 2022
04 Rabi'ul Awwal 1444

Terima Honor Ratusan Juta di Acara Demokrat, Nowela Tak Diminta KPK Kembalikan Uang

Jumat, 29 Jul 2022 - 16:17 WIB
Untitled - inilah.com
Nowela. Foto: Instagram

Penyanyi jebolan Indonesia Idol, Nowela Elisabeth Auparay, mengaku menerima uang ratusan juta dari Bupati Mamberamo Tengah, Papua, Ricky Ham Pagawak, sewaktu diundang bernyanyi pada acara Partai Demokrat. Nowela diperiksa KPK terkait penelusuran aliran dana dari buronan yang diduga melarikan diri ke Papua Nugini itu.

Hal ini disampaikan Nowela, selepas menjalani pemeriksaan di KPK, Jumat (29/7/2022). Dia mengakui penerimaan uang tersebut tetapi tidak diminta KPK untuk mengembalikan.

“Saya cuma dimintai keterangan saja,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan mengisi acara Partai Demokrat itu dilakukan secara profesional. Ada kontraknya. “Saya diundang nyanyi jadi (ada) kontraknya,” kata Nowela yang mengakui menerima uang ratusan juta dari aktivitasnya itu. “Acara partai,” tuturnya.

Baca juga
Buron Apeng Surya Darmadi Pulang ke Tanah Air, Harus Ditangkap di Bandara

Dia juga mengakui menerima sejumlah undangan manggung secara langsung dari Ricky. Namun tidak bisa memenuhi karena cuaca buruk. “Cuacanya buruk saya enggak bisa terbang ke Mamberamo Tengah. Jadi saya terbang lagi ke Jakarta,” tuturnya.

Ricky yang diketahui menjabat Wakil Ketua DPD Demokrat Papua, diduga lari ke Papua Nugini ketika hendak ditangkap KPK. Dia ditetapkan menjadi tersangka dalam perkara suap dan gratifikasi. Terakhir kali Ricky termonitor di Pasar Skouw, perbatasan Indonesia-Papua Nugini. KPK berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk Kementerian Luar Negeri untuk memburu yang bersangkutan.

Selain Nowela, penyidik KPK juga kembali memeriksa Brigita Manohara yang sebelumnya telah mengembalikan uang Rp480 juta yang didapat dari Ricky.

Tinggalkan Komentar