Terima Lagi 2 Juta Dosis Vaksin Sinovac, Indonesia Amankan 273,6 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Terima Lagi 2 Juta Dosis Vaksin Sinovac, Indonesia Amankan 273,6 Juta Dosis Vaksin COVID-19 - inilah.com
(foto: infopublik.id)

Indonesia kembali menerima 1 juta dosis vaksin Sinovac bantuan pemerintah China plus 1 juta dosis vaksin tambahan dari produsen Sinovac secara gratis pada Jumat (24/9/2021).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa hingga 24 September 2021, Indonesia telah mengamankan total 273.603.790 dosis vaksin COVID-19.

“Dengan kedatangan-kedatangan vaksin ini maka di titik kedatangan, total vaksin yang telah tiba di Indonesia berjumlah 273.603.790 dosis, baik dalam bentuk vaksin jadi maupun vaksin curah,” kata Retno saat menyampaikan keterangan pers secara virtual tentang kedatangan vaksin tersebut, Jumat siang.

Sebelumnya pada 21 September 2021, Indonesia juga menerima 200.000 dosis vaksin jadi Sinovac dari Red Cross Society di China.

Baca juga  81.711.099 Penduduk Indonesia Sudah Vaksin Lengkap

Menlu Retno mengucapkan terima kasih kepada China atas dukungan dan kerja sama dalam pengadaan vaksin, seraya menegaskan bahwa mesin diplomasi Indonesia akan terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan vaksin di dalam negeri.

Selain itu, Menlu Retno kembali menegaskan pernyataan Presiden Joko Widodo di Sidang Umum PBB bahwa pemulihan ekonomi hanya dapat dilakukan jika kita dapat mengatasi pandemi secara bersama.

“Pandemi hanya bisa diatasi jika kita dapat mempersempit ketimpangan akses terhadap vaksin,” ujarnya.

Menlu Retno menyatakan bahwa pesan yang sama juga disampaikan Presiden Jokowi dalam KTT Global COVID-19 Summit. Presiden, kata Retno, berharap politisasi vaksin segera diakhiri.

Baca juga  Ditolak Wali Murid, PTM Bisa Ditiadakan

“Presiden Republik Indonesia mengatakan ketimpangan vaksin antar negara harus diatasi melalui COVAX Facility, kerja sama dose sharing dan akses yang merata terhadap vaksin harus ditingkatkan,” ujar Retno.

Sementara itu, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menjelaskan bahwa sumbangan vaksin tersebut merupakan upaya pemerintah China untuk mendukung perjuangan Indonesia melawan COVID-19.

Agustus lalu, China telah menyumbangkan 120 ventilator, 400 generator oksigen, dan pasokan medis lainnya bagi Indonesia.

“Di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo dan upaya bersama rakyat Indonesia, China percaya bahwa Indonesia akan mengalahkan pandemi secepatnya dan memulihkan pembangunan ekonomi dan sosial,” kata Dubes Xiao Qian.

Baca juga  Penelitian di AS: Orang Tidak Divaksin 11 Kali Berpotensi Meninggal Karena COVID-19

Tinggalkan Komentar