Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Terinspirasi Ghozali Everyday, OneAset Kembangkan NFT untuk Investasi

Selasa, 06 Sep 2022 - 14:28 WIB
Terinspirasi Ghozali Everyday, OneAset Kembangkan NFT untuk Investasi
Ghozali Everyday goncangkan dunia dengan berjualan foto selfie lewat NFT. (JPNN).

Masih ingat nama Sultan Gustaf Al Ghozali atau Ghozali Everyday, berhasil goncangkan dunia karena meraup jutaan rupiah dari jualan foto selfie lewat Non Fungible Token (NFT) di akun OpenSea.

Kini, Ghozali berhasil menulari virus NFT ke seantero negeri. Semakin banyak anak muda kreatif yang mengembangkan bisnis NFT ini, termasuk OneAset yang berhasil meluncurkan marketplace NFT berfitur komunitas. Ini yang pertama kalinya di Indonesia.

Tak hanya Ghozali, para artis, influencer, hingga tokoh nasional, seperti Syahrini, Anang Hermansyah, Luna Maya, Arnold Poernomo dan Ridwan Kamil ikut meramaikan industri NFT Indonesia. Sebenarnya, apa itu NFT? NFT adalah sertifikat digital yang menjamin keaslian produk digital yang tak tergantikan seperti foto, video atau bentuk aset digital lainnya. Di mana, NFT bisa dicetak dan disimpan di blockchain, seperti aset kripto.

Karena itu, aset NFT memiliki keunikan dan dan langka. Oh iya, satu lagi, sulit dipalsukan. Cara membuat karya NFT ini, biasa disebut minting. Dan, proses minting ini memberikan pemilik NFT hak kepemilikan yang jelas dan eksklusif. Karena, setiap NFT hanya dimiliki satu pemilik hingga saatnya dijual dan bertukar hak milik ke pembeli baru.

Harga sebuah NFT pun beragam dan bisa berubah sesuai dengan angka yang ditetapkan penjual. Layaknya barang koleksi lainnya, harga akan dipengaruhi oleh berbagai hal seperti siapa kreatornya, kompleksitas sebuah karya, atau keunikan lainnya.

Baca juga
OpenSea Bantah Kehilangan Cuan Rp2,8 Triliun

“NFT sendiri berpeluang untuk mendorong karya para kreator lokal di Indonesia baik secara nasional dan internasional dengan karya-karya mereka. Kehadiran marketplace NFT di aplikasi OneAset sendiri diharapkan untuk bisa menjadi wadah baru bagi kreator lokal Indonesia dari berbagai bidang untuk memamerkan karya serta menjangkau pasar yang lebih luas untuk keperluan transaksi melalui platform ini,” ujar Presiden Direktur OneAset, Breggy Anderson.

Marketplace NFT OneAset memulai debutnya pada 7 Juli 2022 ketika meluncurkan platform OneAset yang telah menghasilkan puluhan ribu karya NFT. Mencakup karya seni, fotografi hingga literatur. Salah satu kreator ternama yang bergabung di OneAset adalah Edo Huang, desainer playing cards atau kartu remi Internasional asal Indonesia.

Dia yang merancang lebih dari 50 deck kartu remi, dan memulai debut sebagai seniman NFT bersama OneAset. “Sebagai seorang desainer, kadang kita ditantang untuk bisa menghasilkan karya yang belum pernah dibuat sebelumnya. Saya mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan OneAset untuk memproduksi sebuah koleksi kartu remi dengan tema futuristik yang terinspirasi juga dari desain kartu remi yang sudah menjadi pekerjaan saya selama 10 tahun ini. Ini adalah koleksi yang saya harap bisa menjadi sebuah pendekatan baru pada desain NFT,” ujar Edo Huang.

Baca juga
Garuda Eleven Metaleague, Game Football Manager NFT Karya Anak Bangsa Siap Diluncurkan

Dalam waktu dekat, segera hadir kolaborasi dengan sejumlah kreator lainnya. Bersamaan dengan peluncuran NFT karya para pengguna, OneAset merilis karya NFT spesial menggunakan maskot OneAset, Ruci. Di mana, Ruci dihadirkan dengan tema-tema yang beragam dan tentunya mengikuti tren terkini. Mulai dari Ruci The Master, Active dan Trendy Ruci, hingga Hidden Treasure in Art Gallery.

Pengguna aplikasi marketplace NFT OneAset dapat melihat koleksi NFT unggulan para kreator dan NFT Ruci di bagian koleksi rekomendasi dalam kategori-kategori yang tersedia. Selain itu, pengguna bisa share, komen, like bahkan memfavoritkan koleksi NFT yang disukai melalui fitur interaksi dari aplikasi OneAset.

Untuk proses jual beli NFT di aplikasi OneAset, sangatlah mudah. Penjual bisa dengan mudah membuat NFT di aplikasi OneAset dengan cara masuk ke menu NFT, kemudian pilih ‘Buat NFT’ di pojok kanan atas lalu pilih gambar NFT yang mau dilisting baik itu foto, karya seni maupun literatur, jangan lupa isi deskripsi uniknya untuk menarik perhatian para pengguna lainnya.

Penjual juga bisa menentukan royalti kreator yang diinginkan mulai dari 1-10% (penghasilan tambahan yang akan diterima saat item NFT terjual), harga jual dan durasi jual. Setelah itu, penjual bisa langsung melakukan pembayaran biaya listing dan gas fee (biaya transaksi blockchain) via rekanan bank (virtual account) yang sudah bekerjasama dengan aplikasi OneAset.

Baca juga
Nilainya Anjlok Terus, Berhentilah Berharap Cuan dari Uang Kripto

Puluhan ribu karya NFT yang mencakup karya seni, fotografi dan literatur telah bergabung dan dipasarkan di aplikasi OneAset. Para pengguna bisa mencari koleksi NFT yang tersedia beserta karya mereka sendiri dengan memilih simbol Cari/Search yang ada di aplikasi OneAset, lalu masukan kata kunci nama koleksi NFT yang diincar. Selain itu, dengan adanya fitur pusat bantuan di aplikasi OneAset, pengguna juga bisa mendapatkan segala informasi seputar istilah penting dan panduan tentang cara jual beli NFT.

Berbagai promo menarik tersedia bagi para pengguna baru yang membuat akun dompet terdesentralisasi OneWallet dan baru mulai mencoba bertransaksi di NFT aplikasi OneAset. Para pengguna berkesempatan untuk mendapatkan mystery box berupa NFT Ruci limited edition secara gratis dan persediaan terbatas. Selain itu, juga ada tambahan ekstra bisa raih Aset Coin hingga 100.,000. Promo berlaku mulai 10 Agustus sampai 10 September 2022, S&K berlaku.

 

Tinggalkan Komentar