Ternyata, Terapi Warna Penting untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Terapi Warna
istimewa

Terapi warna sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik. Terapi warna adalah sebuah upaya untuk memberikan asupan yang sehat untuk panca indera manusia.

Praktisi kesehatan holistik dan self-healing Reza Gunawan menjelaskan bahwa chromotherapy atau terapi warna dapat memengaruhi kesehatan mental, emosional, hingga kualitas istirahat yang juga akan berdampak pada kesehatan fisik.

Menurut Reza, terapi warna merupakan salah satu upaya untuk memberikan asupan kepada panca indera, yaitu mata sebagai reseptor cahaya. Hal ini agar seseorang bisa mendapatkan kesehatan lahir dan batin secara mandiri.

“Panca indera ini pintu gerbang menuju batin. Maka, kalau kita tidak jaga apa yang kita konsumsi melalui panca indera kita, dia juga akan mempengaruhi kesehatan dan mood kita, terutama secara mental dan emosional,” kata Reza ditulis di Jakarta, Jumat, (10/12/2021).

Baca juga  Mitos Diet, dari Mengharamkan Karbo hingga Soal Jus

Masih menurutnya, terapi warna bisa terjadi melalui dua jalur, yaitu dari luar ke dalam tubuh dan dari dalam ke luar tubuh.

“Pertama, dari luar ke dalam. Jadi kalau kita melihat pemandangan yang indah, setiap warna seolah-olah memberikan perasaan atau mood tersendiri,” papar Reza.

Lebih lanjut Reza menambahkan pengaruh dari jalur tersebut akan dirasakan secara sadar saat pertama kali melihat warna tersebut.

“Setelah itu tidak sadar. Artinya, warna apa pun yang kita pakai di rumah, waktu baru dicat kita nikmati secara sadar. Tapi lama-lama kita tidak sadar karena sudah diterjemahkan oleh otak sebagai sesuatu yang biasa,” imbuh dia.

Baca juga  Pidato Dihadapan Menteri, Cinta Laura Beri Pesan Mendalam: Our Culture is Cool, Not Old School

Sedangkan jalur kedua yakni dari dalam ke luar tubuh, kata Reza, merupakan saat seseorang melatih kepekaan batin melalui panca indera untuk kembali mengenalnya sebagai sesuatu yang baru.

“Di sini, latihan-latihan kontemplatif atau mindfulness bisa membantu kita. Istirahatkan panca indera kita. Jangankan meditasi, tapi sekadar memejamkan mata dan hening sejenak, ketika membuka mata maka seolah-olah di sekitar kita jadi lebih cerah,” kata Reza.

Karena itu, penting untuk seseorang terus memperbarui stimulasi darai panca indera mata. Sehingga, lanjut Reza, seseorang bisa lebih mengapresiasi keindahan di lingkungan sekitar.

Tinggalkan Komentar