Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Terpilih jadi Ketua DK-OJK 2022-2027, Ini Profil Mahendra Siregar

Terpilih jadi DK-OJK 2022-2027, Ini Profil Mahendra Siregar
Mahendra Siregar

Komisi XI DPR telah memilih Mahendra Siregar sebagai Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan atau DK-OJK Periode 2022-2027. Mahendra akan menggantikan Wimboh Santoso yang habis masa jabatannya tahun ini.

Sejatinya, Mahendra bukan orang baru di pemerintahan. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Deputi Perekonomian bidang Kerja Sama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional pada 2005-2009. Kemudian pada 2009-2011, Mahendra menjabat Wakil Menteri Perdagangan.

Setelah itu, Mahendra dipercaya sebagai Wakil Menteri Keuangan pada 19 Oktober 2011.  Selanjutnya pada 1 Oktober 2013, dia terpilih menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) hingga 27 November 2014.

Mahendra juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Washington DC pada 1998-2001, terakhir pada 2019 diangkat menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Baca juga
Sri Mulyani Empat Mata Dengan Jeff Bezos, Investasi Hijau Masuk Indonesia?

Sepak terjang lulusan Monash University Australia ini di pemerintahan sudah cukup lama, sehingga dia sudah matang di dunia birokrasi. Setelah terpilih menjadi DK-OJK, Mahendra dipastikan akan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Sebab dalam kode etik OJK tahun 2013, pejabat OJK dilarang rangkap jabatan.

Komisi XI DPR Setujui Mahendra Siregar jadi Ketua DK-OJK

Sebelumnya, Komisi XI DPR RI menyetujui Mahendra Siregar menjadi ketua merangkap anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027.

“Dengan bermusyawarah dan bermufakat kami mengusulkan nama calon-calon Anggota Dewan Komisioner OJK untuk disahkan di Rapat Paripurna DPR,” kata Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Baca juga
Punya 10 Ormas Sayap Partai, Airlangga Optimis Golkar Menang Pemilu 2024

Mahendra Siregar terpilih menjadi Ketua Dewan Komisioner OJK setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR kemarin.

Selain Mahendra, anggota Dewan Komisioner OJK lainnya yang terpilih dan akan diusulkan untuk disahkan dalam rapat paripurna adalah Mirza Adityaswara sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Komite Etik dan anggota, serta Dian Ediana Rae sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota.

Kemudian, Inarno Djajadi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota, serta Ogi Prastomiyono sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap Anggota.

Selanjutnya, Sophia Issabella Watimena terpilih sebagai Ketua Dewan Audit merangkap anggota dan Friderica Widyasari Dewi sebagai anggota yang membidangi edukasi dan perlindungan konsumen. [IKH]

Tinggalkan Komentar