Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

Tersangka Lain Pembunuhan Brigadir J Dibidik, Kabareskrim: Itsus Masih Mendalami

Kamis, 11 Agu 2022 - 20:01 WIB
Penulis : Aria Triyudha
0804 063935 0261 Inilah.com  - inilah.com
Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto. (Foto: dok Polri)

Polri membidik tersangka lain  di kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, tersangka yang bakal ditetapkan menyangkut pelanggaran etik dan obstruction of justice (menghilangkan atau menyembunyikan barang bukti).

“Untuk kasus penembakan sudah lengkap (empat tersangka). Kasus turunannya (pelanggaran etik dan obstruction of justice), kami tunggu Inspektorat Khusus (Itsus),” kata Agus, Kamis (11/8/2022).

Agus menjelaskan, Itsus masih mendalami peran dari personel kepolisian yang diduga melanggar etik dan melakukan obstruction of justice.

Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, sejauh ini ada 31 personel Polri terseret  dugaan pelanggaran etik dan obstruction of justice kasus pembunuhan Brigadir J. Sebanyak 31 personel ini diduga melanggar etik lantaran tidak profesional dalam menangani olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pembunuhan Brigadir J.

Baca juga
Penembakan Ajudan Ferdy Sambo, Keluarga Brigpol J Dihantui Rasa Ketakutan

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan, apabila tim menemukan obstruction of justice,  hal ini akan diproses secara pidana.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Prabowo mengumumkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Ia menyusul tiga orang lainnya yang telah menyandang status tersangka dalam kasus itu. Ketiga orang tersebut adalah Bharada E, Bripka RR dan seseorang berinisial KM.

Irjen Pol Ferdy Sambo diduga telah memerintahkan Bharada E menembak Brigadir J dan turut dibantu Bripka RR dan KM. Ferdy dan keempat tersangka lainnya dijerat pasal pembunuhan berencana yaitu Pasal 340 subsider 338, junto 55 dan 56 KUHP. Ancaman hukumannya maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup atau 20 tahun penjara.

Baca juga
25 Polisi Terindikasi Terlibat Perkara Pembunuhan Brigadir J

 

Tinggalkan Komentar