Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Tertantang jadi Senator DPD, Teguh Santosa Memilih Jalan Independen

Teguh santosa Timur JMSI DPD - inilah.com
instagram.com/teguhtimur

Wartawan senior Teguh Santosa mengungkapkan niatnya maju dalam Pemilu 2024 sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Hal itu disampaikan Teguh Santosa saat bersilaturahmi dengan puluhan aktivis Lintas Generasi Aktivis (LIGA) Jakarta di Kopi Timur yang berada di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (7/4/2022) malam.

Lantas mengapa pria yang juga akrab dikenal dengan nama Teguh Timur itu memilih menjadi senator DPD RI ketimbang menjadi anggota DPR RI?

“Kenapa memilih DPD karena ada nuansa yang menurut saya relatif independen karena pertanggungjawaban anggota DPD itu langsung kepada konstituen,” kata Teguh kepada inilah.com, Ahad (10/4/2022).

Sebelum memutuskan maju menjadi senator dari DKI Jakarta, pendiri Kantor Berita Politik RMOL itu mengaku ada partai yang telah meminang dirinya untuk menjadi wakil rakyat, namun ia lebih memilih jalan independen.

Baca juga
Bendo, Bendungan ke-7 yang Diresmikan Jokowi Tahun 2021

“Teman-teman saya di partai juga banyak. Jadi saya sampai saat terakhir kemaren kesulitan juga karena banyak partai yang meminang. Akhirnya saya putuskan, saya katakan kepada teman-teman, saya tak akan kemana-mana tetapi saya akan ada disana,” ujarnya.

Secara personal, Teguh Santosa yang kini memimpin organisasi perusahaan media online, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) ini mengatakan, ingin memberikan manfaat lebih kepada masyarakat terutama para generasi muda. Sehingga kiprah di DPD nantinya dapat memberikan sumbangsih besar kepada para generasi penerus.

“Saya membutuhkan ruang yang lebih besar untuk aktualisasi diri untuk khalayak yang lebih luas. Bukan hanya yang ada saat ini tetapi juga di level nasional, saya kira itu. Saya juga dosen dan saya mengerti bahwa generasi muda kita yang ada sekarang ini adalah tempat kita menampung harapan di masa depan. Jika segala aktivitas saya ini diperbesar mudah-mudahan bisa berdampak positif yang lebih baik,” pungkasnya.

Baca juga
Dorong Semangat Belajar Mahasiswa, Kementerian PUPR Telah Rampungkan Pembangunan Rusun STAILe Pekanbaru

Di tengah komunitas pers, nama Teguh Santosa memang sudah tidak asing lagi. Ia pernah menjadi Ketua bidang Luar Negeri PWI Pusat dan anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat dan juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) mewakili PWI.

Teguh Santosa juga kerap memimpin delegasi wartawan Indonesia dalam program pertukaran kunjungan ke sejumlah negara. Ia memiliki ketertarikan yang tinggi pada berbagai isu luar negeri dan kerap melakukan perjalanan untuk meliput berbagai peristiwa politik global dan menjadi pembicara di forum-forum internasional. Teguh yang banyak akrab dengan para duta besar negara sahabat. Bahkan Teguh kerap mengundang para duta besar dalam program ‘Ambassador Talks’.

Baca juga
Ketua DPD RI: Kunci Pemberantasan Narkoba Adalah Kesadaran Bersama

Selain sebagai wartawan, alumni Universitas Padjadjaran dan University of Hawaii at Manoa (UHM), Amerika Serikat, ini juga dikenal sebagai pengajar. Ia aktif mengajar di Jurusan Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan pernah aktif mengajar di London School of Public Relations (LSPR) Jakarta. Teguh Santosa juga pernah menjadi Wakil Rektor Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta.

Tinggalkan Komentar