Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Tesla Roadster Semakin Dekati Mars

Tesla R - inilah.com
Tesla Roadster - ist

Perusahaan mobil listrik Tesla milik Elon Musk, telah menerbangkan Tesla Roadster ke luar angkasa. Penerbangan itu menggunakan roket Falcon Heavy milik SpaceX.

Tesla Roadster sudah menempuh jarak lebih dari 234 juta mil (377 juta km) dari Bumi dan semakin mendekati Mars.

Mengutip CarsCoops, Senin (21/2/2022), data dari website NASA menyatakan bahwa Roadster bergerak menjauh dari Bumi dengan kecepatan 3.731 mph (6.005 km/jam). Dan bergerak menuju Mars dengan kecepatan 17.370 mph (27.955 km/jam).

Roadster berjarak kurang dari 200 juta mil (320 juta km) dari Mars dan telah menempuh hampir 2 miliar mil di luar angkasa. Ia juga telah menyelesaikan lebih dari 2,62 orbit mengelilingi matahari dan sekarang telah melakukan perjalanan cukup jauh.

Baca juga
Usai Beli Twitter, Elon Musk akan Bertemu Jokowi di Amerika

Astronom di Harvard Smithsonian Center for Astrophysics, Jonathan McDowell, mengatakan bahwa Tesla mungkin masih utuh tetapi mungkin telah rusak oleh beberapa serangan meteor.

Menariknya, para astronom banyak yang belum pernah mengamati Roadster dengan teleskop mereka sejak Maret 2018. Profesor astrofisika di Universitas Toronto, Hanno Rein, menyatakan bahwa tidak ada banyak nilai ilmiah dalam mempelajari lintasannya.

“Bagaimanapun, itu tidak lebih dari sepotong sampah luar angkasa yang mahal,” katanya.

Hanno Rein mengatakan dalam sebuah makalah yang diterbitkan melalui Cornell University, bahwa terdapat kemungkinan 22 persen mobil itu bisa bertabrakan dengan Bumi dalam 15 juta tahun ke depan.

Tinggalkan Komentar