Tiba di Jakarta, 199 Atlet-Ofisial PON XX Jalani Karantina

Tiba di Jakarta, 199 Atlet-Ofisial PON XX Jalani Karantina - inilah.com
foto istimewa

Sebanyak 199 orang atlet dan ofisial Pekan Olahraga Nasional (PON) XX kontingen DKI Jakarta langsung menjalani karantina di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

Para atlet itu sudah tiba di ibu kota sejak Kamis (14/10/2021) kemarin yang langsung dijemput di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk selanjutnya diantar menuju hotel tempat isolasi terpusat yang sudah disiapkan Pemprov DKI Jakarta.

“Ini menyesuaikan surat Satgas Penanganan Covid-19 Adendum kedua Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19,” ujar Djamhuron P. Wibowo, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta.

Baca juga  Paus Malu Gereja Tak Mampu Atasi Korban Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur

Selain atlet, mereka yang menjalani karantina di antaranya pelatih, asisten pelatih, manajer, mekanik dan maseur (ahli terapi). Selama berada di Papua, para atlet dan ofisial ini pun disiplin melakukan swab Covid-19 sebagai protokol kesehatan (prokes) PON XX.

Kewajiban karantina ini juga berlaku bagi atlet dan ofisial yang hingga hari ini belum kembali ke Jakarta saat tiba di Jakarta nanti minimal lima hari sejak kedatangan. Bahkan menerima uang kompensasi selama menjalani karantina.

“Uang kompensasi sebesar Rp750 ribu per hari,” pungkas Djamhuron.

KONI DKI Jakarta mencatat total kontingen Provinsi DKI Jakarta yang masih belum kembali masih sebanyak 608 orang. Para atlet dan ofisial itu kembali ke Jakarta sengaja dilakukan secara bertahap hingga 17 Oktober 2021 mendatang.

Baca juga  Gubernur Anies Ajak Warga Jakarta Turut Menjaga Kualitas Udara

Sesuai SOP, para atlet dan ofisial yang menjalani karantina tidak boleh menerima tamu serta meninggalkan hotel. Mereka juga akan menjalani pemeriksaan PCR Covid-19 pada hari ke-4. Jika ada yang hasilnya positif maka langsung dirujuk ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Tinggalkan Komentar