Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

Tiga Cara Ampuh Menangkal Varian Omicron

Jumat, 07 Jan 2022 - 17:44 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Omicron - inilah.com
Antara

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan tiga kunci penting untuk mencegah penularan varian Omicron yakni vaksinasi, memakai masker, dan tidak berkerumun.

“Vaksinasi, tidak berkerumun, pakai masker adalah senjata kita sekarang untuk menghindari infeksi Omicron,” kata Yunis, Jumat (7/1/2022).

Yunis menilai dewasa ini masyarakat sudah mulai lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap masyarakat kembali meningkatkan penerapan protokol kesehatan, memakai masker dan tidak berkerumun untuk mencegah penularan COVID-19.

Ia mengatakan Omicron memang memberikan gejala klinis ringan tapi bisa memperbanyak infeksi sehingga kemungkinan bisa menyebabkan gelombang ketiga dengan kasus COVID-19 ringan atau sedang.

Lonjakan kasus varian Omicron telah terjadi cukup signifikan di negara lain seperti Amerika Serikat dan Inggris. Sekalipun vaksinasi di Inggris sudah 80 persen namun kasus tetap tinggi karena varian Omicron.

Baca juga
Varian Deltacron Sudah Terdeteksi di 19 Provinsi

Yunis mengatakan pemberian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat berkontribusi untuk membuat gejala COVID-19 menjadi lebih ringan ketika virus SARS-CoV-2 menyerang tubuh.

Ke depan, kata Yunis, masih ada peluang munculnya varian baru dari virus SARS-CoV-2 yang bisa lolos dari perlindungan antibodi setelah vaksinasi. Namun gejala klinis yang dialami penderita kemungkinan akan semakin ringan karena sudah menjalani vaksinasi.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan 86,6 persen masyarakat Indonesia di 100 kabupaten/kota memiliki antibodi terhadap COVID-19.

Tinggalkan Komentar