Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Tiga Cara Redakan Mulut karena Makan Pedas

Senin, 11 Okt 2021 - 14:11 WIB
Tiga Cara Redakan Mulut karena Makan Pedas - inilah.com
istimewa

Siapa yang suka makan pedas? Masyarakat Indonesia ternyata suka makanan pedas karena kebanyakan menu khas makanan Indonesia menawarkan ragam olahan pedas.

Ini juga bisa menjadi kebiasaan turun temurun sejak kecil sudah mengkonsumsi makanan pedas dari makanan asal daerah kelahiran.

Indonesia yang kaya dengan aneka rempah juga dapat menjadi variasi olahan makanan pedas. Masyarakat Indonesia juga memiliki banyak pilihan seputar olahan makanan pedas. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa pedas yang ada di mulut usai konsumsi makanan pedas?

Menurut Decsa Medika Hertanto sebagai dokter Spesialis Penyakit Dalam, ada tiga hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan mulut ketika konsumsi makanan pedas. Berikut adalah rinciannya.

Baca juga
Situasi Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut di Indonesia saat Pandemi

1. Susu

Susu mengandung casein dan ternyata dapat membantu menghancurkan capsaicin, penyebab mulut kepedasan.

Casein adalah komponon protein utama pada susu. Sedangkan capsaicin adalah zat aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas.

“Tapi hati-hati pada orang yang alergi dan sensitif susu, bisa jadi tambah susu tambah membuat nyeri perut,” tulis Decsa pada akun instagram pribadinya @dokterdecsa, Jakarta, dikutip pada Senin, (11/10/2021).

2. Air lemon

Ternyata capsaicin itu molekulnya bersifat basa, sehingga bisa dibuat seimbang dengan minuman yang asam dengan tujuan netralisir.

“Tapi hati-hati pada orang yang punya penyakit lambung, bisa jadi tambah membuat nyeri perut,” tambahnya.

3. Roti/Nasi

Baca juga
Situasi Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut di Indonesia saat Pandemi

“Fungsi nasi di sini adalah memberikan penghalangan fisik antara capsaicin dan mulut,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar