Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Tiga Kantor Bea Cukai Terima Penghargaan dari BNN

Kamis, 07 Jul 2022 - 18:01 WIB
Bea Cukai
Dokumentasi Bea Cukai

Tiga kantor pelayanan Bea Cukai, yakni Bea Cukai Semarang, Bea Cukai Tarakan, dan Bea Cukai Kualanamu terima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Hal tersebut atas peran aktifnya dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Penghargaan tersebut diberikan pula dalam rangka peringatan Hari Anti Narkotika Internasional di akhir Juni 2022 lalu.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Kamis (07/07/2022) mengatakan diterimanya penghargaan dari BNN tersebut membuktikan efektivitas pelaksanaan salah satu tugas Bea Cukai, yaitu community protector, khususnya melindungi masyarakat Indonesia dari peredaran gelap narkotika.

Ia menyebutkan, Bea Cukai Semarang, menjadi salah satu kantor yang aktif melakukan kegiatan pencegahan penyebaran narkoba dan mendapatkan apresiasi dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah.

“Kantor ini telah melancarkan sembilan kali kegiatan penindakan narkotika, psikotropika, dan prekursor (NPP) selama tahun 2022. Keberhasilan penindakan tersebut pun tak lepas dari sinergi yang dijalin Bea Cukai Semarang dengan unit lain, seperti Direktorat Interdiksi Narkotika Bea Cukai, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, dan instansi penegak hukum lainnya, seperti BNN,” ungkapnya.

Baca juga
Bea Cukai Juanda dan BKSDA Jawa Timur Gagalkan Ekspor Ilegal Kalajengking

Penghargaan serupa diterima Bea Cukai Tarakan dalam acara pemusnahan barang bukti narkotika oleh BNNP Kalimantan Utara (Kaltara).

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Tria Restu Yogaswara menerima piagam penghargaan atas dedikasi Bea Cukai Tarakan dalam sinergi pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika di Provinsi Kaltara.

Tak hanya itu, dua orang pegawai Bea Cukai Tarakan juga menerima penghargaan atas kinerjanya dalam program tersebut, yaitu Januar Akhmad Ibrahim dan Aditia Bintang Pamungkas.

Kantor Bea Cukai ketiga yang menerima penghargaan dari BNN adalah Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatera Utara. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Bea Cukai Sumatera Utara Parjiya menerima penghargaan dari Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara Brigjen Drs. Toga Habinsaran Panjaitan di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara dan disaksikan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Baca juga
Bea Cukai Sita Jutaan Batang Rokok Ilegal di Lampung dan Malang

“Seperti yang disampaikan Gubernur Sumut dalam pemberian penghargaan tersebut, pencegahan peredaran narkotika merupakan tanggung jawab bersama lembaga negara seperti Polri, TNI, Bea Cukai, dan instansi pemerintah lainnya. Atas hal itu, Bea Cukai berkomitmen untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap masuknya narkotika ke negeri ini, agar tak ada lagi generasi muda Indonesia yang terjerat bahaya narkotika,” tegas Hatta.

Diungkapkan Hatta, pemberian penghargaan kepada Kanwil Bea Cukai Sumut tersebut juga bertepatan dengan penyelenggaraan konferensi pers dan pemusnahan barang bukti 34.788 gram methamphetamin/sabu yang merupakan hasil penindakan narkotika Bea Cukai dan BNNP Sumut di Pergudangan Kargo Lini 2 Bandara Internasional Kualanamu.

Baca juga
Bersinergi dengan Pemda dan KADIN, Bea Cukai Optimalkan Dukungan untuk UMKM

“Kami berharap penghargaan yang diberikan BNN kepada Bea Cukai dapat terus memacu instansi ini untuk gencar memberantas peredaran narkotika dan semoga jalinan kerja sama antara kedua instansi dapat terus kuat sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi keduanya dapat selaras dan harmonis,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar