Tiga Program Utama untuk Target Pengendalian Covid-19

Tiga Program Utama untuk Target Pengendalian Covid-19 - inilah.com

Upaya keras untuk mewujudkan target dan program pengendalian covid-19 terus digenjot.

Sudah jelas dari pengalaman berbagai negara bahwa covid-19 dapat dikendalikan dengan tiga program utama, pertama pembatasan sosial, ke dua tes, telusur dan terapi serta ke tiga vaksinasi.

1. Untuk pembatasan sosial maka seluruh kita rakyat Indonesia harus melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, yang dikenal dengan pesan Ibu 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) atau dapat juga jadi 5 M dengan ditambahkan menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

“Dengan semangat kemerdekaan maka ini dapat dikembangkan dari Pesan Ibu menjadi Pesan Ibu Pertiwi. Dari sudut pemerintah maka kebijakan pembatasan sosial tentu juga harus dilakukan dengan konsisten, baik dalam bentuk PPKM, PSBB atau bentuk-bentuk yang lain,” kata Prof. Tjandra Yoga Aditama, mantan direktur WHO Asia Tenggara pada pesan singkatnya kepada INILAHCOM, Jakarta, Senin, (30/08/2021).

Baca juga  Pemprov DKI Tak Temukan Kasus Positif COVID-19 pada 610 Sekolah yang Ikut PTM

2.Dalam hal tes dan telusur maka anggota masyarakat yang ada gejala dan atau ada riwayat kontak maka harus melakukan tes, dan kalau positif perlu ditangani dengan baik.

“Dalam hal ini target yang sudah cukup lama dicanangkan untuk melakukan sekitar 400 ribu test sehari dan melakukan telusur 15 orang untuk setiap kasus haruslah segera diwujudkan untuk menjadi kenyataan,” tambahnya.

3. Tentang vaksinasi, target yang sudah disebutkan untuk memvaksinasi 2 juta orang perhari harus benar-benar diimplementasikan di lapangan.

“Dalam hal ini akan amat baik kalau masyarakat dipermudah mendapatkan vaksin, misalnya dengan dilakukan vaksinasi COVID-19 di semua Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di negara kita. Jadi, orang dapat di vaksin di dekat rumah dan atau tempat kerjanya secara mudah,” ujar Guru Besar FKUI itu.

Baca juga  Kredivo: Bencana Pinjol Ilegal Terjadi Akibat Minim Literasi

Tinggalkan Komentar