Tiga Tips Atasi Mata Kering Akibat Sering Terpapar Gadget

Tiga Tips Atasi Mata Kering Akibat Sering Terpapar Gadget  - inilah.com

Situasi pandemi berkepanjangan saat ini cenderung memicu gaya hidup tidak banyak bergerak, yang berakibat buruk pada kesehatan, termasuk kesehatan mata.

Padahal situasi semacam ini mengharuskan kita untuk menjaga dan memperhatikan kesehatan lebih dari sebelumnya.

Memang kondisi pandemi membuat seseorang lebih banyak duduk atau berbaring sambil menonton televisi, membaca dan menatap layar gadget dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini akan berisiko terjadinya mata kering.

Penurunan produksi dan kualitas air mata adalah penyebab mata kering, yang jika tidak diatasi dapat menimbulkan komplikasi luka terbuka pada lapisan luar pelindung mata yakni kornea.

Sehingga membuat penderita tidak nyaman, dan dapat mengalami depresi, gangguan tidur atau sakit kepala migrain.  Jika mata menjadi kering, maka akan sangat mudah untuk mata terinfeksi hal-hal yang datang dari luar seperti polusi maupun bakteri.

Baca juga  Fasilitas Sanitasi Penting untuk Ubah Gaya Hidup jadi Sehat

Walau mata kering adalah penyakit yang sering ditemui, namun sifatnya kompleks, maka penting untuk mencari tahu secara detail penyebab dan faktor risiko dari mata kering agar dapat ditangani dengan baik sehingga tidak sampai mengganggu kualitas hidup.

“Penting pula bagi kita untuk menjaga kesehatan mata saat masa pandemi seperti ini, dengan menerapkan pola hidup sehat dan membatasi penggunaan screen dan AC yang berlebihan sebagai kunci preventif, serta penggunaan tetes mata yang tepat sesuai kebutuhan dan keadaan mata,” papar dr. Damara Andalia Sp.M, Ophthalmologist saat webinar Combiphar Health Desk, Jakarta, Jumat, (08/10/2021).

Baca juga  Piala Presiden eSports 2021 Jaring 40.872 Peserta Master Speed Chess

Berikut adalah tiga tips yang dapat diterapkan untuk mengurangi resiko mata kering yang perlu Anda simak:

1. Batasi konsumsi penggunaan layar

Menghabiskan waktu terlalu lama menatap layar gadget cenderung membuat mata jarang berkedip, sehingga mata berisiko menjadi kering.

Karena itu, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata dan berkedip lebih sering saat beraktifitas di depan layar.

Setiap mata berkedip maka lapisan air mata yang baru akan terbentuk dan tersebar merata ke seluruh permukaan mata.

Penting untuk membatasi konsumsi penggunaan layar dengan bijak dan seimbang sebagai kunci preventif, serta penggunaan tetes mata yang tepat sesuai kebutuhan dan keadaan mata.

Baca juga  Ternyata Kendari Kota Masa Depan Dunia

2. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3

Apa yang kita makan dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan mata. Makanan yang dianjurkan untuk kesehatan mata, utamanya untuk meningkatkan kelembapan, adalah yang mengandung asam lemak omega-3.

Bahan makanan yang banyak mengandung omega-3 diantaranya adalah sayuran berdaun hijau, minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan, telur dan alpukat.
Selain itu, pastikan kebutuhan cairan harian tubuh tercukup dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

3. Meningkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik rutin seperti berolahraga mampu mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan metabolisme.

Bukan hanya itu saja, terdapat manfaat lain dari berolahraga yaitu untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata sehingga mata merasa lebih baik.

Tinggalkan Komentar