Tiga Wilayah Ini Kembali Alami Kenaikan Kasus COVID-19

Tiga Wilayah Ini Kembali Alami Kenaikan Kasus COVID-19 - inilah.com

Sebanyak tiga wilayah di Indonesia terpantau mengalami tren peningkatan kasus COVID-19 dalam satu pekan terakhir. Ketiga wilayah ini adalah Provinsi Jawa Barat, Gorontalo, dan Maluku Utara.

“Merujuk pada tren kasus positif di 34 provinsi, terdapat tiga provinsi yang menunjukkan tren peningkatan di minggu terakhir, yaitu Jawa Barat, Gorontalo, dan Maluku Utara,” ujar juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (2/11/2021).

Dia menambahkan, selain terjadi peningkatan ada juga wilayah yang terpantau mengalami penurun setelah pada seminggu terakhir trennya naik. Enam wilayah yang mengalami tren penurunan adalah Bengkulu, Lampung, DIY, Banten, Sulawesi Barat, dan Papua.

Baca juga  Peringatan Hari Disabilitas Internasional Diwarnai Kericuhan

“Cakupan vaksinasi untuk membentuk kekebalan tubuh masyarakat penting untuk ditingkatkan dan diperluas agar dapat tercapai perlindungan maksimal,” lanjut Wiku.

Untuk itu, Wiku meminta kepada masyarakat taat terhadap protokol kesehatan agar penularan virus COVID-19 tidak naik kembali. Sebab dibeberapa negara seperti Australia dan Singapura yang warganya sudah mendapatkan vaksinasi lengkap masih tetap mengalami tren kenaikan kasus COVID-19.  

“Contoh di negara yang disebutkan sebelumnya (Singapura dan Australia), negara dengan cakupan vaksinasi dosis lengkap, tetap (terjadi) peningkatan kasus karena kendurnya prokes, terutama penggunaan masker,” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar