Tim Pansel Kemungkinan Masukkan 2 Nama Anggota KPU Petahana

Tim Pansel Kemungkinan Masukkan 2 Nama Anggota KPU Petahana - inilah.com
Peneliti CSIS, Arya Fernandes

Tim Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota KPU dan Bawaslu diprediksi akan memasukkan dua nama anggota KPU dan Bawaslu petahana untuk kembali menjadi calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

Peneliti CSIS, Arya Fernandes mengatakan dugaan ini dilihat dari kompleksitas pelaksanaan Pemilu, Pilpres dan Pemilukada yang akan diadakan secara serentak di 2024.

“Tapi dugaan saya akan main di kompleks yah, maksudnya ada pilkadanya serentak, pemilu. Jadi dugaan saya faktor pengalaman akan dilihat oleh Tim Pansel. Jadi kemungkinan anggotan itu, sekitar dua petahana itu akan dipertahankan. Bisanya dua itu akan dipertahankan, dulu juga begitu,” kata Arya kepada Inilah.com, Rabu (13/10/2021).

Baca juga  Outstanding Company Semen Indonesia Cukup Oke, Asiamoney Beri Apresiasi

Dia mengatakan, dipertahankannya dua nama anggota KPU dan Bawaslu sebelumnya untuk masuk sebagai calon anggota berikutnya biasanya dilakukan agar ritme kinerja penyelenggara Pemilu bisa langsung berjalan dengan baik karena sudah ada orang yang berpengalaman.

Meski begitu, Arya tak bisa memastikan siapa nama anggota petahana yang kemungkinan akan masuk lagi di periode 2022-2027. “Saya tidak tahu siapa dari tujuh nama itu yang akan kembali menjabat,” katanya.

Selain itu, Arya juga memprediksi Tim Pansel akan memasukkan nama-nama anggota KPU daerah (KPUD) karena mereka memiliki pengalaman dalam pelaksanaan pemilu. Hal ini disesuaikan dengan tantangan kedepan yang cukup berat dalam pelaksanaan Pemilu serentak.

Baca juga  Gantikan Republik Dominika, Bawaslu Jadi Presiden GNEJ

“Bisa anggota atau ketua KPU pada provinsi besar dengan asumsi mereka sudah terbiasa mengelola pemilu atau pilkada dengan skup yang lebih besar atau bisa juga diisi anggota atau ketua KPUD yang menjabat dua periode,” katanya.

Tinggalkan Komentar