Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Timnas Aljazair Rilis Jersey Baru, Maroko Protes Tuding Curi Budaya

Jumat, 30 Sep 2022 - 09:33 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Timnas Aljazair Rilis Jersey Baru, Maroko Protes Tuding Curi Budaya
Timnas Aljazair

Baru saja merilis jersey terbarunya untuk musim 2022-2023, Timnas Aljazair malah mendapat protes keras dari Timnas Maroko.

Maroko bahkan meminta Adidas selaku sponsor untuk membatalkan desain kostum timnas Aljazair karena dituding mencuri “warisan budaya Maroko”.

Dilansir AFP, Jumat (30/9/2022), pengacara Maroko Mourad Elajouti, atas nama kementerian kebudayaan negara menyebut pola desain geometris yang dikenal sebagai “zellige” dan umum dalam mosaik keramik multiwarna Maroko, muncul di bagian atas kostum timnas Aljazair.

Dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada CEO Adidas Kasper Rorsted, Elajouti menuntut penarikan kostum itu dalam waktu dua pekan karena diklaim “terinspirasi oleh seni” zellige Maroko.

Baca juga
Di Beranda Istana Alhambra (28 – Mencari Dukungan Komunitas Indonesia di Malaga)

Pada 23 September, Adidas merilis di Twitter foto jersey baru timnas Aljazair untuk musim 2022-2023 yang dikatakan “terinspirasi oleh budaya dan sejarah”.

Desainnya, menurut Adidas, terilhami Istana Mechouar di Tlemcen di barat laut Aljazair.

Maroko dan Aljazair sejak lama berselisih mengenai wilayah Sahara Barat yang disengketakan kedua negara yang menjadi tempat Front Polisario dukungan Aljazair menuntut merdeka dari Maroko.

Tinggalkan Komentar