Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Tak Terkalahkan di SEA Games, Timnas Futsal: Jangan Pandang Kami Sebelah Mata

Sabtu, 21 Mei 2022 - 12:15 WIB
Timnas Futsal Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia Usai Bantai Taipei 4-1
Timnas Futsal Indonesia (Ist.)

Tim nasional (Timnas) Futsal Indonesia mampu menjawab keraguan segelintir pihak dengan menyabet medali perak pada ajang SEA Games 2021 Ke-31, Vietnam. Tim yang dibesut Mohammad Hashemzadeh tampil konsisten dengan catatan tanpa kekalahan dalam format kompetisi Round Robin.

Mereka hanya sempat menelan dua hasil imbang kala bersua tuan rumah Vietnam dan Thailand di laga pamungkas. Hasilnya, Timnas Futsal mampu bercokol di posisi kedua klasemen akhir setelah mengumpulkan delapan poin dari empat laga. Ardiansyah Runtuboy cs hanya kalah selisih tiga angka dari peraih emas, Thailand.

Torehan medali perak seakan membungkam mulut sejumlah pihak yang sempat meragukan prestasi Timnas Futsal di kancah Asia Tenggara termasuk SEA Games.

Baca juga
Ketua KOI Optimistis Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Lagi di SEA Games 2022

Hal itu pun menjadi perhatian dari manajer Timnas Futsal, Dimas Bagus Agung Kurniawan. Menilik prestasi anak asuhnya, Dimas menilai cabang olahraga (cabor) mana pun tak bisa dianggap remeh.

“Pertama-tama terima kasih atas perjuangan tim, semua yang terkait dengan SEA Games, dan masyarakat Indonesia yang terus mendukung sejak awal agar timnas futsal berangkat ke Vietnam,” katanya dalam keterangan resmi Federasi Futsal Indonesia (FFI), Sabtu (21/5/2022).

“Catatan pentingnya adalah selama berlaga di SEA Games, timnas futsal tidak pernah kalah. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Jangan pandang kami sebelah mata, kami ada dan berprestasi,” tegas Dimas Bagus menambahkan.

Baca juga
Coach Tae-yong: Thailand Tim Kuat, Tapi Bola Itu Bundar

Hampir Batal ke Vietnam

Jauh sebelum itu, keraguan sejumlah pihak terhadap pamor timnas futsal mencuat. Hal ini mengemuka setelah tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora sempat enggan memberangkatkan Muhammad Albagir dan kawan-kawan ke Vietnam.

Saat itu, tim review PPON menilai timnas futsal belum memiliki rekam jejak prestasi yang mentereng di pentas olahraga Asia Tenggara. Namun, berkat pengakajian ulang dan hasil diskusi pihak Kemenpora dan FFI, timnas futsal Indonesia akhirnya dibukakan pintu mengukir prestasi di pentas SEA Games.

Kepercayaan itu terbayarkan tuntas oleh Mohammad Hashemzadeh. Buat Indonesia pencapaian medali perak ini merupakan peningkatan. Pasalnya prestasi terbaik Indonesia di SEA Games adalah medali perunggu.

Baca juga
Strategi Honda Pertahankan Pangsa Pasar di Indonesia

Cabor futsal dipertandingkan di SEA Games mulai 2007. Namun pada edisi 2015 dan 2019 tidak dipertandingkan. Indonesia pernah meraih medali perunggu di SEA Games pada 2007, 2011, dan 2013. [yud]

Tinggalkan Komentar