Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Timnas Indonesia Bakal Jadi Dream Team

Selasa, 04 Jan 2022 - 08:30 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Timnas Indonesia Di Piala Aff - inilah.com
Timnas Indonesia di Piala Aff
Meski gagal juara, Penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 terus menuai pujian.
Tak hanya dari dalam negeri, penampilan apik Asnawi dkk juga membuat sejumlah pejabat AFF serta federasi sepakbola Singapura kagum.
“Saya berada di Singapura dan mendengar sendiri mereka mengatakan senang dengan performa anak-anak di Timnas. Mereka hapal pula dengan umur pemain kita, seperti Witan Sulaeman umurnya berapa. Mereka menganggap Timnas kita ini ‘dream team’ dan bisa berprestasi terbaik dalam dua sampai empat tahun ke depan,”¬†ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi, Senin (3/1/2022).
“Kami melihat ini positif. Para pemain Timnas banyak yang baru berumur di bawah 23 tahun. PSSI memang menyiapkan timnas untuk masa depan dan inilah hasilnya,” sambungnya bangga.
Meski begitu, PSSI menyadari ada aspek yang perlu ditingkatkan yaitu mental. Hal itu terlihat pada leg pertama final Piala AFF 2020, di mana Indonesia kalah 0-4 dari Thailand.
Yunus menganggap persoalan mental tersebut dapat terselesaikan seiring makin banyaknya pengalaman yang dilalui skuad Garuda.
Performa apik Timnas di Piala AFF 2020 disebut Yunus tak lepas dari pembinaan PSSI yang menjaga para pemain tetap dalam satu tim sejak tahun 2020.
Awalnya, nama-nama seperti Elkan Bagott, Pratama Arhan, Rizky Ridho dan Witan Sulaeman disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021. Seiring penundaan turnamen sampai tahun 2023, maka pemain-pemain yang sempat dikirimkan ke Kroasia dan Spanyol itu dialihkan untuk memperkuat Timnas U-23 dan senior.
“Jadi pencapaian di Piala AFF 2020 tidak ujug-ujug. Ini semua sesuai skenario, ‘road map’ yang diberikan melalui Dirtek (Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri-red). Jadi kami optimistis Timnas ini bisa berprestasi bagus di turnamen seperti Piala AFF U-23, SEA Games dan Piala AFF senior nantinya,” kata Yunus.
Dengan rata-rata usia pemain yang masih di bawah 23, Timnas Indonesia bakal matang dalam beberapa tahun lagi. Berbeda dengan negara-negara Asean lain yang ikut dalam Piala AFF 2020 kemarin.
Banyak negara seperti Singapura bahkan Thailand, masih mengandalkan pemain-pemain senior dalam line-up mereka.

Tinggalkan Komentar