Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

Timnas Indonesia Harus Cetak Banyak Gol ke Gawang Nepal

Senin, 13 Jun 2022 - 14:25 WIB
Timnas Indonesia Harus Cetak Banyak Gol ke Gawang Nepal
Timnas Indonesia bakal menghadapi laga hidup mati kontra Nepal

Timnas Indonesia bakal menjalani laga hidup mati kontra Nepal pada laga pamungkas penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Menang jadi syarat wajib agar Timnas Indonesia bisa main di Piala Asia 2023. Namun, menang melawan Nepal tak serta merta meloloskan timnas sebagai runner up.

Nasib Marc Klok dan kawan-kawan masih harus menunggu hasil pertandingan lain antara Yordania vs Kuwait yang juga sama-sama masih berpeluang lolos.

Saat ini Timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup A dengan koleksi 3 poin dari dua pertandingan.

Skuad Garuda memiliki jumlah poin yang sama dengan Kuwait di peringkat ketiga, namun unggul selisih gol. Adapun posisi puncak klasemen saat ini ditempati oleh Yordania dengan torehan 6 poin dari dua pertandingan.

Baca juga
Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Sukses Libas Timor Leste 4-1

Situasi akan menjadi rumit jika Timnas Indonesia menang atas Nepal dan Kuwait menang atas Yordania. Kondisi ini akan membuat Timnas Indonesia, Yordania, dan Kuwait memiliki jumlah poin yang sama yakni 6 poin.

Selanjutnya tim yang lolos akan ditentukan berdasarkan selisih gol di antara ketiga tim tersebut. Jika Kuwait mengalahkan Yordania dengan skor 1-0, maka selisih gol di antara ketiga tim tersebut menjadi sama yakni 0. Dengan demikian, tim yang lolos selanjutnya akan ditentukan lewat jumlah gol tim yang bersangkutan.

Target menang besar atas Nepal jadi tugas Shin Tae-yong untuk selangkah lebih maju untuk bisa lolos kualifikasi.

Baca juga
Ini Kesan Jim Croque-Kai Boham saat Lihat Gaya Pelatih Shin Tae-yong

Timnas Indonesia sudah pernah merasakan kemenangan atas Nepal pada Juni 2014. Indonesia mampu menang 2-0 atas Nepal saat itu.

Secara peringkat pun, Indonesia masih lebih baik deri Nepal. Peringkat terakhir Indonesia adalah 158. Sementara Nepal berada di tangga 172 peringkat FIFA.

Coach Tae-yong pun optimistis menatap laga pamungkas grup ini.”Kami masih memiliki satu pertandingan lagi. Jika berhasil meraih tiga poin pada laga terakhir, saya yakin kami akan mendapatkan hasil terbaik,” tegasnya.

Saat ini ada 11 tiket tersisa ke Piala Asia dengan komposisi 6 juara grup, 5 runner up. Meski Timnas Indonesia bisa mengakhiri kualifikasi sebagai runner up, tak serta merta mereka lolos begitu saja ke Piala Asia.

Baca juga
Shin Tae-yong Panggil 40 Pemain Timnas U-19 untuk TC di Korea Selatan

Satu tim runner up dengan kriteria terendah, bakal tersingkir. Timnas Indonesia saat ini berada di posisi terendah diantara runner up grup lain.

Tinggalkan Komentar