Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Timnas Indonesia U-17 Selangkah Lagi Menuju Piala Asia 2023

Jumat, 07 Okt 2022 - 15:35 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Antiklimaks, Timnas Indonesia Digulung Malaysia 5-1
Timnas Indonesia U-17 (Foto: PSSI)

Tim nasional U-17 Indonesia menapaki jalur yang tepat di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, dengan menjadi pemuncak klasemen sementara setelah melewati dua pertandingan.

Skuad asuhan pelatih Bima Sakti melaju sempurna di grup setelah mampu menundukkan Guam dengan skor telak 14-0, Senin (3/10), dan rival berat Uni Emirat Arab (UEA) 3-2, Rabu (5/10).

Namun, itu baru setengah jalan menuju Piala Asia U-17 2023. Masih ada dua laga menunggu yakni melawan Palestina, Jumat (7/10) dan Malaysia, Minggu (9/10).

Agar dapat memastikan langsung satu tempat di putaran final, skuad berjuluk “Garuda Asia” wajib meraup kemenangan dari dua pertandingan tersebut.

Untuk dapat mengantongi poin sempurna dari Palestina dan Malaysia, pelatih Bima Sakti menegaskan bahwa skuadnya perlu fokus dan mengurangi kesalahan-kesalahan terutama di area pertahanan.

Baca juga
Wakil Indonesia Saling Sikut di Babak Pertama All England

Ujian pertama Indonesia yaitu menghadapi Palestina. Palestina memang selalu kalah pada dua laga yang sudah dilalui di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, tetapi skuad yang ditangani Loay AlSalhe ini mempunyai pengalaman berlaga di turnamen internasional.

Sebelum berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Palestina mengikuti Kejuaraan WAFF U-16 2022 pada Juni dan Piala Arab U-17 2022 pada Agustus.

Palestina tidak mampu melewati penyisihan grup turnamen-turnamen tersebut. Akan tetapi, di sana, mereka melawan tim-tim tangguh seperti Aljazair dan Lebanon.

Di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Palestina pun sempat menyulitkan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga keduanya. Palestina unggul dua gol terlebih dahulu, sebelum akhirnya bertekuk lutut 3-4.

Baca juga
Drawing Thomas dan Uber Cup 2020, Indonesia Waspadai Chinese Taipei

Bima Sakti tentu saja tidak ingin Indonesia terpeleset kala bersua Palestina. Apalagi sang lawan diperkuat pemain-pemain dengan postur tinggi khas pesepak bola Asia Barat.

Satu tantangan yang mesti dijawab Bima Sakti adalah rotasi pemain. Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang padat, yang mana tim bertanding dua kali dalam 3 hari selama sekitar seminggu, membuatnya harus terus memutar otak agar pemainnya tetap bugar.

Pemain-pemain seperti Arkhan Kaka, Muhammad Iqbal Gwijangge, Muhammad Nabil Asyura, Rizdjar Subagja, Muhammad Kafiatur Rizky dan Habil Abdillah selalu masuk daftar sebelas pertama ketika berhadapan dengan Guam dan UEA.

Jika memaksakan nama-nama tersebut tetap bermain menghadapi Palestina, risiko cedera mengintai. Muhammad Nabil Asyura dan Muhammad Kafiatur, misalnya, mengalami masalah otot pada pertandingan versus UEA.

Baca juga
Indonesia Pimpin Debat Umum IPU General Assembly 2021

Namun, pada akhirnya, keputusan untuk menurunkan pemain ada di tangan Bima. Pria yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 itu optimistis dengan kualitas semua pemain di timnya.

“Jika ada pemain cedera, kami mempunyai pemain lain yang lebih siap,” kata dia.

Tinggalkan Komentar