Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

Tinjau Pasar Kramat Jati, Mendag Zulhas Cek Stok Migor hingga Belanja Bahan Pokok

Sabtu, 25 Jun 2022 - 13:08 WIB
75a22d97 Fafc 4c5b 8904 9700ab1b43cf - inilah.com
Mendag Zulkifli Hasan saat mengecek stok dan harga minyak goreng di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022). Foto: Inilah.com/Mia Umi Kartikawati

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022). Kehadiran Zulhas di pasar tradisional yang cukup akrab di telinga masyarakat Ibu Kota ini memastikan stok minyak goreng (migor). Ia juga belanja bahan pokok dengan membeli langsung dari pedagang pasar.

Langkah Zulhas diawali dengan melihat Stock Point Warung Pangan #MigorRakyat. Stock Point ini diperuntukan khusus bagi Mitra Warung Pangan pedagang pasar. Memesannya bisa melalui aplikasi Warung Pangan.

Menurut Zulhas, para pedagang bisa membeli minyak goreng hingga 10 kilogram (kg) untuk kebutuhan berdagang. Harganya sangat terjangkau. Lewat Stock Point, pedagang bisa membeli migor curah seharga Rp12.600. Kemudian harga jual yang ditetapkan pemerintah adalah Rp14 ribu.

“Yang dagang dan berjualan begini (warung makan) boleh membeli 10 kg (dari Stock Point), boleh,” kata Zulhas saat menghampiri pedagang warung makan di pasar.

Baca juga
Roma vs Feyenoord: Menang Tipis 1-0 I Giallorossi Juara Liga Conference

Pak Yudi selaku pemilik Warung Nasi Nusantara mengungkapkan sehari-hari biasanya menggunakan minyak satu jeriken (ukuran 20 kg) untuk tiga hari.

“Ya, nanti bisa beli pakai satu KTP untuk 10 kg migor curah karena untuk masak,” tambah Zulhas.

Selanjutnya Zulhas menyambangi toko sembako Masyuda yang menjual migor curah. Dia memastikan ketersediaan migor eceran tetap aman dan tidak langka.

“Kalau bapak isi di situ (Stock Point) bisa membeli dengan harga Rp12.600. Jadi masih ada untung Rp1.400,” papar Zulhas.

Zulhas juga bertanya kepada pedagang terjadi kenaikan harga bahan-bahan pokok. Pedagang sembako eceran mengungkapkan harga jual genderung stabil.

Baca juga
Inilah 11 Aplikasi Azan yang Diduga Mencuri Data Pengguna

Tidak hanya migor, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mencari gula pasir. Dia memastikan ketersediaan dan harganya tidak naik.

“Satu kg gula harganya Rp14 ribu,” ujar Ningsih, penjual gula pasir.

Zulhas kemudian memborong gula sebanyak 5 kg.

Setelah itu, Zulhas langsung meninjau pedagang daging sapi. Harga daging sapi mencapai Rp140 ribu satu kg.

“Kalau begitu saya beli 2 kg daging yang harga Rp140 ribu,” paparnya.

Telur juga menjadi perhatian dari Zulhas. Harga telur kini sudah turun dari sebelumnya mencapai Rp29 ribu.

“Harga telur sekarang sudah turun. Sebelumnya Rp29 ribu kini Rp 28 ribu,” papar Zulhas.

Saat menyambangi toko telur milik Ati, Zulhas sempat bercerita tentang pengalamannya. Zulhas mengungkapkan dahulu pernah menjadi penjual telur.

Baca juga
Jangan Kembangkan Narasi Perpecahan, Pelajaran dari Spanyol

Dalam kesempatan kali ini, dia juga ikut berbelanja telur di toko telur milik Ati itu.

Selain belanja gula, daging, telur, lauk pauk di rumah makan Nasi Nusantara, Zulhas juga membeli jajanan pasar khas Jawa Tiwul Cenil.

“Saya borong semuanya ya,” kata Zulhas kepada pedagang Tiwul yang tidak sengaja berpapasan di depannya.

“Pak, terima kasih banyak,” ujar pedagang Tiwul.

Tinggalkan Komentar