Tips agar Tidak Terkena Kanker Prostat Seperti SBY

Tips agar Tidak Terkena Kanker Prostat Seperti SBY - inilah.com
foto istimewa

Kabar terbaru datang dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pendiri Partai Demokrat tersebut dikabarkan bakal berangkat ke luar negeri untuk melakukan medical check up. Sebab didiagnosis terkena penyakit kanker prostat.

Demikian disampaikan Staf Pribadi Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ossy Dermawan.

“Beberapa hari ini saya selaku Staf Pribadi Bapak SBY, menerima banyak pertanyaan dari sejumlah kalangan antara lain para sahabat Bapak SBY, wartawan dan anggota masyarakat menyangkut kesehatan Bapak SBY. Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat,” ujar Ossy Dermawan, Selasa (2/11/2021). 

Baca juga  Covid-19 Makin Landai, Tetapi Kebijakan Selalu Berubah

Dikutip Inilah.com dari berbagai sumber, Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. 

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat. Seperti pertambahan usia, obesitas, paparan bahan kimia, memiliki keluarga yang menderita kanker prostat dll. 

Pengobatan kanker prostat dilakukan Dokter berdasarkan tingkat keparahan kanker dan kondisi pasien secara keseluruhan. Metode pengobatan yang dapat dilakukan adalah operasi, radioterapi, terapi hormon, kemoterapi, dan krioterapi.

Kesembuhan pasien operasi kanker prostat dipengaruhi stadium kankernya. Bila masih stadium 1 dan 2 lalu segera ditangani maka pasien bisa sembuh di atas 90 persen. 

Baca juga  SBY Selesai Jalani Operasi Kanker Prostat

Bagaimana cara mencegah kanker prostat? Berikut tipsnya yang dirangkum Inilah.com dari berbagai sumber. 

1. Kurangi Konsumsi Lemak Hewani dan Produk Susu

Ada sejumlah penelitian menunjukkan konsumsi makanan tinggi lemak seperti daging merah (sapi, babi, domba) dan produk susu (susu, keju) menjadi salah satu faktor risiko kanker prostat. Banyak konsumsi kalsium baik dari asupan makanan maupun suplemen juga berisiko terkena kanker prostat.

Pilihlah makanan pencegah kanker prostat yang mengandung rendah lemak atau mengandung lemak sehat seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat. 

2. Banyak Makan Sayur dan Buah

Sayuran dan buah-buahan mengandung nutrisi, vitamin, dan serat tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, yang secara tidak langsung dapat menjadi pencegah kanker prostat.

Baca juga  Terapi Sinar Laser Hilangkan Tatto dan Jerawat

Jenis sayuran yang baik untuk mencegah kanker adalah jenis cruciferous seperti brokoli, kubis Brussel, kubis, kembang kol, dan selada air.

3. Hindari Merokok

Merokok berpotensi memicu risiko seseorang terkena kanker prostat agresif. Berhenti merokok sekarang juga untuk membantu mencegah kanker prostat sejak ini.

4. Olahraga Teratur dan Jaga Berat Badan

Berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan dapat menjadi salah satu faktor terhindar dari kanker prostat. Sebab beberapa penelitian menyebut, obesitas dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif. Oleh karena itu, menjaga berat badan tubuh ideal merupakan salah satu cara untuk mencegah kanker prostat sejak dini. 

Tinggalkan Komentar