Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Tips Alami Atasi Gerd

Selasa, 07 Sep 2021 - 15:06 WIB
Tips Alami Atasi Gerd  - inilah.com
istimewa

GERD adalah (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Menurut dokter Decsa Medika Hertanto spesialis penyakit dalam yang kerap memberikan edukasi di akun instagramnya @dokterdecsa, Jakarta, Selasa, (07/09/2021), ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah lambung tersebut.

Salah satunya adalah makan dengan porsi kecil di setiap suapannya. Sekitar empat sampai lima kali suapan kecil jauh lebih baik dibandingkan tiga kali suapan besar.

Hal itu karena memberikan kesempatan lambung untuk mencerna secara perlahan dan mencegah aliran balik dari lambung ke kerongkongan.

Baca juga
Marah-marah Jadi Kebiasaan, Pemicu Tingginya Angka Hipertensi?

Makan dengan pelan-pelan, santai, tidak perlu terburu-buru.

“Kenapa makan pelan itu menyehatkan, karena memberikan kesempatan mulut dan gigi kita mengunyah makanan dan itu sangat membantu kinerja lambung untuk mencerna dan mengurangi risiko aliran balik,” tulis dokter decsa.

Masih menurutnya, hal yang perlu diperhatikan untuk para penderita menyakit Gerd adalah berhenti merokok, stop minuman keras, menurunkan berat badan, dan tidak perlu konsumsi makanan pedas, berminyak, dan asam.

“Kopi dan teh juga dihindari yah. Ingat, kebanyakan pengikut gerd ini sudah tahu pantangan makanannya tetapi tetap saja dilanggar, jadi kita harus bisa kontrol diri kita yah,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar