Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Tips Beli Scoopy Terbaru Secara Online yang Aman

All New Honda Scoopy 2021- inilah.com
All New Honda Scoopy 2021

Membeli pakaian atau makanan secara online mungkin biasa dilakukan oleh banyak orang. Tetapi, membeli sepeda motor secara online seperti memesan Scoopy terbaru jarang dilakukan. Alasannya sederhana, membeli secara online memang sedikit berisiko.

Itulah kenapa alih-alih belanja sepeda motor secara online, seseorang lebih suka beli langsung ke dealer terdekat yang ada di kotanya. Padahal membeli secara online juga cukup mudah dan tidak berisiko sama sekali asal dilakukan dengan benar.

Apabila Anda ingin membeli Scoopy varian anyar yang baru saja dirilis secara online. Tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan di bawah ini.

Lakukan Riset Terkait Jenis Motor

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pembelian motor secara online adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Jangan pernah membeli motor tanpa mengetahui kendaraan apa yang akan dibeli beserta spesifikasinya secara lengkap.

Meski motor matic memiliki kemampuan ataupun fitur yang hampir sama. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Mulai dari model hingga warna dari bodi juga harus disesuaikan. Jadi, begitu motor sudah sampai di rumah, Anda tidak akan kecewa.

Jika saat ini masih bingung harus membeli motor Scoopy varian warna apa. Tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis apa saja yang baru keluar. Catat apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing jenis. Apabila sudah menemukan barulah bisa melakukan pembelian.

Rating Toko Juga Penting

Sebagian besar toko yang menjual sepeda motor memang memiliki rating yang baik. Apabila sama-sama memiliki rating di atas 4, berarti Anda harus memilih toko yang sudah diulas oleh lebih banyak orang. Ulasan yang banyak menunjukkan jika toko itu sudah berhasil melakukan transaksi dengan dalam jumlah banyak.

Baca juga
Astra Sediakan 600 Teknisi di Jalur Mudik Lebaran 2022

Hindari membeli dari toko yang sama sekali belum pernah menjual produk secara online. Biasanya toko itu punya rating nol karena ulasan baru bisa diberikan jika transaksi berhasil dilakukan.

Ketersediaan Produk

Sepeda motor biasanya tidak distok dalam jumlah banyak oleh dealer atau penjual. Biasanya mereka hanya melakukan stock sebanyak 2 atau 3 unit motor saja. Barulah jika ada pesanan dalam jumlah banyak, mereka akan langsung memesan kepada distributor ataupun pabrik secara langsung.

Karena ketersediaan yang mungkin tidak selalu ada. Tidak ada salahnya untuk selalu menanyakan ketersediaan produk kepada penjual secara langsung. Dengan menanyakan ketersediaan ini, transaksi bisa berjalan dengan lebih mudah.

Apabila sudah ada stok, pembelian bisa langsung dilakukan saat itu juga. Sebaliknya jika tidak ada stok dan harus melakukan indent, pikirkan terlebih dahulu. Disarankan untuk memilih toko yang lain atau menunggu terlebih dahulu hingga stok barangnya ada.

Melakukan Indent atau Preorder

Beberapa produk Scoopy yang paling baru biasanya tidak tersedia di pasaran dalam jumlah yang cukup banyak. Apalagi motor baru saja akan dirilis. Kemungkinan besar Anda harus melakukan proses pre order atau indent terlebih dahulu.

Dengan melakukan ini Anda bisa langsung diberikan notifikasi apabila produknya sudah ada. Jadi, pembelian bisa langsung dilakukan dan begitu barang sudah tersedia langsung dikirim dan sampai ke rumah dengan cepat.

Baca juga
Keren! Siswa SMK Asal Tegal Rakit Motor Listrik dari Barang Bekas

Memilih Cara Pembayaran yang Tepat

Pilih cara pembayaran yang paling tepat apabila membeli secara online. Hindari melakukan transfer langsung kepada pembeli. Pilih metode pembayaran yang melakukan transfer ke platform pembelian sehingga dana bisa diamankan terlebih dahulu.

Selain itu, pilih prosedur pembayaran apakah dilakukan secara tunai atau dilakukan secara kredit. Dengan pemilihan ini Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi bujet yang dimiliki saat ini dan mengetahui kemampuan nilai cicilan yang bisa dibayar.

Pilih Toko Terdekat

Meski membeli secara online, sepeda motor akan sedikit sulit dikirim apabila lokasinya jauh. Biaya kirimnya juga akan besar apabila dikirim dari luar daerah. Itulah kenapa meski membeli secara online pastikan untuk memilih toko yang paling dekat.

Dengan menggunakan aplikasi seperti Blibli, Anda bisa langsung melakukan filter saat melakukan pencarian. Ketika melakukan pencarian, Anda bisa mengaturnya agar lokasi masih dalam satu kota. Apabila tidak ada paling tidak lokasi harus memiliki jarak yang tidak terlalu jauh.

Apabila membeli dari penjual yang lokasinya dekat, biaya kirim akan semakin murah. Bahkan sebelum melakukan pengiriman dan setelah melakukan transaksi, Anda bisa langsung melakukan survei ke lokasi apabila dibutuhkan.

Memastikan Kondisi Kendaraan Saat Sampai

Tips terakhir yang harus dilakukan apabila ingin membeli Scoopy secara online adalah dengan mengecek kondisi dari kendaraan itu. Meski membeli dalam kondisi baru, tidak ada salahnya begitu motor sampai di rumah pengecekan dilakukan secara cermat di seluruh bagiannya.

Baca juga
Spidometer Kusam dan Retak, Sekali Usap Kinclong, Ini Rahasianya

Apabila Anda tidak bisa melakukan pengecekan, bisa meminta bantuan teman atau orang yang ahli dalam mengetahui kondisi dari motor seperti montir. Apabila sudah melakukannya, simpulkan apakah motor itu dalam kondisi yang baik atau ada beberapa cacat.

Apabila terjadi masalah yang cukup besar dan cukup mempengaruhi kinerja dari motor. Tidak ada salahnya untuk meminta ditukar terlebih dahulu. Dengan begitu kendaraan yang diterima bisa sempurna.

Membeli sepeda motor secara online memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Tetapi jika memiliki kesempatan, membeli dengan menggunakan Blibli akan memberikan kemudahan yang cukup besar. Apalagi seluruh prosesnya bisa berjalan dengan baik dan terjamin.

Pembelian dengan menggunakan Blibli bisa dilakukan dengan pembayaran tunai atau kredit.  Anda masih tetap bisa membayar secara cicil dengan tenor yang bisa ditentukan sendiri. Jadi, pembelian bisa berjalan dengan aman dan sesuai dengan bujet yang dimiliki.

 

Tinggalkan Komentar