Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Tips Jaga Anak Terhindar dari DBD

DBD
unsplash

Virus dengue akan dihadang oleh sistem imun si kecil apabila ia memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Karena itu, menjaga imunitas anak adalah hal pertama yang wajib diperhatikan. Ada beberapa tips untuk menjaga anak Anda terhindar dari DBD.

Menurut Dr. dr. Debbie Latupeirissa, Sp.A (K) Dokter Spesialis Anak Konsultan Penyakit Infeksi & Tropis Anak di RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, hal yang dapat dilakukan yaitu dengan pemenuhan nutrisi yang baik, mencukupi asupan makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin, mineral) yang tepat.

“Selain itu, dapat juga diperkuat dengan pemberian vaksin dengue jika ia telah berusia 9-16 tahun,” papar Debbie seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin, (28/02/2022).

Baca juga
Ini Game Mobile Ringan untuk Usir Bosan Saat PPKM

Pengendalian lingkungan juga penting untuk dilakukan. Caranya adalah dengan mencegah nyamuk pembawa virus berkembang biak.

“Nyamuk senang berada di tempat penampungan air yang bersih seperti kolam atau bak mandi. Jadi, tempat-tempat penampungan air harus sering dikuras,” paparnya.

Bersihkan pula wadah penampungan air yang memudahkan nyamuk bersarang dan bertelur.

“Langkah selanjutnya, cek kamar si kecil. Hindari banyak gantungan baju atau barang-barang untuk menghindarkan nyamuk bersarang,” tambahnya.

Anda juga dapat melakukan penyemprotan/fogging untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa. Satu lagi cara agar dapat mematikan telur-telur nyamuk adalah dengan abatisasi.

“Anda dapat memasukkan bubuk abate ke dalam sumber-sumber air sehingga telur-telur nyamuk akan mati dan proses reproduksinya terhenti. Yuk, lakukan pencegahan yang tepat agar si kecil terhindar dari DBD,” katanya.

Tinggalkan Komentar