Tips Mengatur Kebutuhan Gaya Hidup Syariah

Tips Mengatur Kebutuhan Gaya Hidup Syariah - inilah.com
istimewa

Gaya hidup syariah kini banyak diperbincangkan. Mengenai hal ini, Prita Ghozie, Certified Financial Planner & CEO ZAP Finance menjelaskan gaya hidup syariah adalah bagaimana mengatur hal-hal yang menjadi prioritas.

“Bagaimana gaya hidup syariah itu menjadi keberkahan. Sekarang gaya hidup tersebut bisa dilakukan dengan makin mudah bersyukur,” kata Prita saat temu media virtual Peace of Mind Penuhi Kebutuhan dengan Kartu CIMB Preferred Infinite Syariah di Jakarta, Kamis, (16/09/2021).

Karena itu, seseorang harus bisa mengatur kebutuhan di bidang agama, menjaga harta, dan bagaimana bisa bermanfaat untuk masyarakat.

“Kebutuhan bukan hanya tentang diri sendiri, tetapi bagaimana juga tentang pemenuhan hak untuk orang lain,” tambahnya.

Baca juga  Penghapusan Syariah dari Pasal Satu Pancasila Bukan Pengingkaran

Praktiknya pada saat perencanaan keuangan. Contohnya, bagaimana caranya menjaga harta misalnya memiliki rumah tinggal, bagaimana cara mendapatkan rumah tinggal, menjaga, dan merawatnya.

Kemudian tentang dana ibadah religi, dana pendidikan anak, dana hidup di masa depan, dana darurat, dana usaha dan sosial.

“Perlu juga, dipikirkan dana usaha dan sosial,” ujarnya.

Ketika memiliki penghasilan, yang terpenting dipikirkan adalah pada setiap penghasilan ada empat hal yang diperhatikan.

“Masa kini, masa sulit, masa depan, dan orang lain juga masyarakat,” katanya.

Karena, masih menurutnya, pada hakekatnya mengatur anggaran untuk mencapai tujuan adalah dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti yang disebut di atas.  

Baca juga  Hari Guru Nasional, Ini Lima Inspirasi Kado untuk Guru Tercinta

Tinggalkan Komentar