Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar dari Rifat Sungkar

Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar dari Rifat Sungkar - inilah.com

Saat PPKM seperti sekarang ini tentunya banyak mobil yang hanya terparkir di garasi rumah. Meski demikian, jangan sampai Anda abai untuk merawatnya, paling tidak dengan mencuci bagian luar bodi secara berkala dan juga membersihkan bagian dalam kabinnya.

Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifat Sungkar, membagikan tips dan trik agar kegiatan mencuci dan membersihkan kabin mobil bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Seringnya pemilik mobil asal saja dalam mencuci mobil, terutama bagian bodi. Menurut Rifat, ada cara yang benar ketika mencuci mobil kesayangan agar cat mobil tetap awet dan terjaga kilaunya.

Hal pertama adalah gunakan sabun pencuci mobil ringan, mencuci dan memberi wax teratur adalah cara terbaik untuk melindungi kendaraan dari kerusakan. Ini juga efektif untuk melindungi dari elemen sekitar seperti hujan, air garam, dan lainnya.

Baca juga  Peraturan Baru, PNS Bisa Dipecat Sampai Wajib Lapor Harta

“Jangan menggunakan bahan organik (pelarut, kerosin, alkohol, bensin) atau cairan alkaline atau cairan asam. Bahan-bahan kimia ini dapat menyebabkan cat menjadi luntur, berbintik atau retakan pada permukaan bodi mobil,” jelas Rifat.

Usahakan menggunakan dua buah ember yang dipisahkan mana ember bersih dan satu lagi ember kotor.

Mencuci mobil sebaiknya juga dimulai dari bagian paling atas, jangan lupa bodi mobil disemprot air terlebih dahulu untuk membersihkan dari kerikil dan debu yang bisa membuat baret cat.

“Kalau bisa gunakan dua buah ember, karena ketika lap sudah kotor dan dimasukkan ke dalam ember yang sama maka ada kemungkinan kerikil dan juga kotoran yang ada di dalam ember masih menempel di kain lap. Gunakan juga kain mikrofiber yang lembut untuk membilas bodi mobil,” tambah Rifat.

Baca juga  Pengamat Musik Bens Leo Meninggal, Lansia Risiko Tinggi Terinfeksi COVID-19

Setelah proses mencuci selesai jangan lupa keringkan dengan kain yang lembut, seperti kain mikrofiber. Kemudian setelah mencuci kendaraan, mengemudilah dengan pelan dan sedikit menekan pedal rem beberapa kali untuk mengeringkan rem.

“Jika rem basah, maka dapat mempengaruhi kemampuan rem. Dan juga, ada kemungkinan rem menjadi macet dikarenakan karat, sehingga kendaraan tidak dapat bergerak,” paparnya.

Rifat juga mengatakan sebaiknya jangan pernah mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Kemudian untuk membersihkan ruang mesin juga sebaiknya jangan menyiram atau menyemprotkan air ke komponen elektrik di dalam ruang mesin.

“Hal ini akan berpengaruh buruk saat menghidupkan mesin. Selain itu perhatikan saat membersihkan bagian bawah kendaraan, hati-hati jangan menyemprotkan air ke ruang mesin apalagi kalau menggunakan air bertekanan tinggi,” ujar Rifat.

Baca juga  Belajar dari Kasus Hanna Kirana, Ini 5 Tips Hindari Gagal Jantung

Tentunya selain bodi kendaraan, sebaiknya Anda juga merawat bagian interiornya. Caranya mudah, lap menggunakan kain lembut yang direndam dalam larutan air sabun. Untuk bagian jok, bisa gunakan vacuum cleaner dan sikat untuk membersihkan kursi.

Tinggalkan Komentar