Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

TNI-Polri Kerahkan 4.200 Personel Amankan Upacara HUT ke-77 RI

Rabu, 17 Agu 2022 - 08:43 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Foto: tangkapan layar/Youtube Sekretariat Presiden
Foto: tangkapan layar/Youtube Sekretariat Presiden

Sebanyak 4.200 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/08/2022).

“Personel gabungan TNI dan Polri sudah tersebar 4.200 orang. Mereka terbagi atas ring 1, ring 2, ring 3 di sekitar kawasan Istana Merdeka dan Monas. Kami membantu memastikan kelancaran acara dan keamanan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI serta Peringatan HUT Ke-77 RI, ” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin di depan Istana Merdeka, Jakarta mengutip Antara, Rabu (17/08/2022).

Menurut Komarudin, situasi di sekitar Istana Merdeka terpantau cukup ramai karena ada sekitar 4.000 tamu undangan ataupun masyarakat yang diperkirakan hadir untuk menyaksikan langsung Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Undangan yang tersebar sekitar 4.000 orang. Pagi 4.000 orang dan sore 4.000 orang bisa masuk istana,” ujar dia.

Baca juga
Polri Tetap Buat Pos Check Point Meski PPKM Level 3 Batal Diterapkan

Sementara itu, tambah Komarudin, bagi masyarakat yang tidak memiliki undangan, mereka dapat menyaksikan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di sekitar Taman Pandang, di Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Terkait dengan antusiasme masyarakat, menurut Komarudin, momen peringatan HUT Ke-77 RI kali ini merupakan momen yang luar biasa bagi masyarakat dan mereka merasa antusias. Dia mengatakan setelah beberapa tahun tidak bisa hadir secara langsung di Istana Merdeka untuk menyaksikan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, pada tahun 2022 ini, masyarakat antusias untuk hadir.

“Mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa ruas jalan yang mohon maaf memang harus kami alihkan demi kelancaran rangkaian kegiatan yang sudah disiapkan,” kata Komarudin.

Baca juga
Mudarat Gas Air Mata Polisi Disorot Dunia, TGIPF Didesak Transparan Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Sebelumnya, sejumlah tamu undangan mulai memasuki Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022, untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi. Tamu-tamu tersebut mengenakan beragam jenis busana, mulai dari kebaya, batik, bahkan baju adat.

Adapun tema peringatan HUT Ke-77 RI adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Tinggalkan Komentar