Kamis, 01 Desember 2022
07 Jumadil Awwal 1444

Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Bakar Ban dan Pamer Poster “Penguasa Sontoloyo”

Kamis, 08 Sep 2022 - 18:14 WIB
Img 5386 - inilah.com
Mahasiswa membakar ban dan memamerkan poster Jokowi bertuliskan "Penguasa Sontoloyo" ketika aksi menolak kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta, Kamis (8/9/2022). Foto: Inilah.com/Harris Muda

Demonstrasi menolak kenaikan harga BBM yang digelar di Patung Kuda, Silang Monas, Jakpus, Kamis (8/9/2022), selain sempat memanas karena terjadi bentrokan dengan aparat turut diwarnai aksi bakar ban dan spanduk serta memamerkan poster bertuliskan”Penguasa Sontoloyo” dengan wajah Presiden Jokowi. Aksi digelar oleh sejumlah elemen mahasiswa yang berasal dari GMNI, HMI, GMI, dan perwakilan BEM.

Poster bertuliskan “Penguasa Sontoloyo” dipamerkan ketika para demonstran membakar ban dan spanduk tepat di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Merdeka Barat arah Thamrin, sehingga membuat sebagian lalu lintas tersendat. Poster dengan latar berwarna putih menunjukkan Jokowi diapit oleh dua orang berpakaian putih dan hitam yang sedang membisiki Kepala Negara.

Baca juga
Kaspersky Temukan Serangan Phishing Mulai Sasar Data Riset Universitas

Tak diketahui pasti apa makna dari poster yang diusung mahasiswa yang menggelar aksinya di bawah guyuran hujan tersebut. Pun demikian, gelombang nada sumbang terkait kenaikan harga BBM terus diteriakan demonstran. Konsenterasi sempat terpecah ketika elemen mahasiswa dari HMI dan GMII beralih ke depan Kantor Kementerian ESDM.

Kendati sempat panas karena diwarnai bentrokan antara massa dengan aparat, demonstrasi berlangsung kondusif ditandai dengan bubarnya massa sekitar pukul 16.45 WIB. Bubarnya massa ditandai dari mundurnya mobil komando massa aksi menuju Jalan Medan Merdeka Selatan.

Serangkaian aksi di Ibu Kota dimulai ketika massa dari buruh dan sejumlah mahasiswa menggeruduk Gedung DPR/MPR RI, pada Selasa (6/9/2022) yang lalu. Aksi di Ibu Kota berlangsung kondusif tidak seperti di sejumlah tempat yang berlangsung ricuh. Bahkan, iring-iringan Wapres Ma’ruf Amin sempat diadang massa yang menolak kenaikan harga BBM subsidi ketika mengunjungi Palembang, Sumsel, Rabu (7/9/2022), kemarin.

Baca juga
Perkuat Silaturahmi, UNJ Gelar Turnamen Futsal Mahasiswa se-Papua

 

Tinggalkan Komentar