Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Top 8 Aplikasi Convert PDF ke Word untuk iPhone dan Android

Selasa, 24 Jan 2023 - 18:26 WIB
aplikasi pdf ke word
Top Aplikasi Convert PDF ke Word. Foto: freepik.com

Dokumen PDF adalah cara yang sangat populer untuk berbagi informasi secara online karena dokumen tersebut akan terlihat sama di setiap perangkat apapun yang digunakan. PDF juga mampu melindungi konten dan mencegah orang untuk menyalin dan mengubah informasi yang telah ada. 

PDF sendiri adalah ekstensi yang hanya dapat dibaca saja. Oleh karena itu, file dalam format PDF memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa diedit dengan mudah. Tak heran, jika kini telah banyak aplikasi pendukung PDF yang telah dikembangkan, sehingga dokumen dapat diedit dan dikonversi.

Agar file PDF dapat dikonversi ke Word, maka Anda perlu menggunakan aplikasi tambahan yang harus diinstal pada perangkat elektronik Anda. Sayangnya, aplikasi tambahan ini hanya bisa digunakan pada perangkat PC atau laptop saja. Padahal, Anda tidak selalu berada di depan layar laptop atau merasa repot jika harus membuka laptop terlebih dahulu.

Namun kini, Anda tidak perlu panik lagi karena beberapa rekomendasi aplikasi ini bisa dijalankan di smartphone, baik iPhone maupun Android. Jadi, Anda cukup mengaksesnya melalui satu genggaman saja. Berikut rekomendasinya:

Aplikasi Convert PDF ke Word untuk iPhone

1. EasyPDF

EasyPDF adalah aplikasi gratis yang sangat ramah pengguna dan dapat dengan cepat mengubah file PDF menjadi file Word, yang dapat diedit di perangkat iOS (iPhone atau iPad). Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Anda dapat menggunakan EasyPDF untuk membuka file PDF langsung dari email, Dropbox, atau bahkan Safari.

Anda cukup membuka aplikasi yang berisi file PDF tersebut dan tekan lama untuk membukanya seperti biasa. Anda disarankan untuk tidak membukanya dalam tampilan PDF, tetapi bukalah di EasyPDF. Kemudian, ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengonversinya menjadi file Word yang dapat Anda kirim melalui email ke komputer atau PC untuk diedit. Bisa dipastikan semua file PDF akan dikonversi secara akurat, dan pemformatannya biasanya sama persis dengan PDF aslinya.

2. PDF to Word

PDF to Word adalah salah satu aplikasi paling populer untuk mengonversi file PDF ke Word untuk iPhone. Aplikasi ini mampu mengonversi semua file PDF secara akurat, termasuk format dan diagram. Tentunya, hasil konversi Word akan terlihat seperti PDF aslinya.

Aplikasi ini dapat bekerja secara baik dan jauh lebih mudah digunakan dibandingkan Anda mengetik dokumen PDF dengan tangan. Untuk menikmati segala fitur yang disediakan, Anda dapat menggunakan PDF to Word secara gratis atau berbayar 

3. Able2Doc PDF to Word

Able2Doc PDF to Word sangat mudah digunakan untuk berbagi dan mengirimkan dokumen melalui email di iPhone ke komputer Anda. Hasil konversi pun sangat akurat dan cepat. Sebab, Able2Doc mempertahankan format PDF aslinya di dokumen Word, seperti bagian tabel dan gambar. File dokumen Word yang telah dikonversi, selanjutnya dapat diedit seperti biasa di iPad, iPhone, atau komputer Anda 

Aplikasi ini menawarkan pengkonversian secara langsung lewat Dropbox atau aplikasi lainnya. File PDF yang sudah dikonversi pun bisa kembali diunggah langsung ke Dropbox.

4. Able2Extract

Able2Extract  memiliki cara kerja yang sama dengan aplikasi convert PDF to word untuk iPhone lainnya. Anda cukup membuka file PDF seperti biasa, lalu tekan lama. Kemudian, pilih opsi Buka dan pilih Able2Extract dari daftar aplikasi. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang sudah ada untuk mengonversi dan mengunduh file Doc ke perangkat iOS.

Aplikasi Convert PDF ke Word untuk Android

1. EasyPDF for Android

Easy PDF juga tersedia untuk Android dan dapat Anda download langsung dari Google Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan di tablet dan smartphone Android

EasyPDF membuat segala pekerjaan Anda menjadi mudah karena mampu mengonversi langsung file PDF ke Word, yang kemudian dapat diedit di smartphone atau ditransfer ke laptop.

2. Able2Extract for Android

Able2Extract adalah aplikasi gratis yang dapat mengonversi file PDF menjadi dokumen Word yang dapat diedit. Selain itu, Anda dapat mengonversi file PDF ke format Office lainnya.

Anda cukup membuka file PDF di aplikasi, dan klik opsi konversi. Selanjutnya, dokumen akan dikonversi dengan cepat dan akurat. Setelah itu, Anda dapat mengedit dokumen di perangkat elektronik apapun.

3. OfficeSuite 7+ PDF to Word

OfficeSuite adalah aplikasi konverter file Microsoft Office yang dapat dijalankan di smartphone Android Anda. Aplikasi ini dapat mengonversi file PDF ke Excel XLS atau PDF ke Word. 

OfficeSuite tersedia secara gratis, namun jika Anda ingin mengakses seluruh fitur yang disediakan, Anda harus membeli versi Premiumnya. File yang dikonversi juga dapat dibagikan melalui Wi-Fi, Bluetooth, atau dengan mengunggah ke Dropbox.

4. PDF Converter Pro

PDF Converter Pro memungkinkan Anda mengonversi file PDF ke berbagai format, seperti Doc dan JPEG. Semua file hasil konversi bisa diunduh dan dicadangkan secara otomatis. 

Aplikasi ini cocok buat Anda yang hanya perlu mengonversi beberapa file saja. Namun, jika Anda perlu mengonversi banyak file, Anda harus membeli akses Premium yang disediakan.

Tinggalkan Komentar