Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Tradisi Baru Politik Indonesia, Kolaborasi KIB Cakup Pileg, Pilpres dan Pilkada

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:54 WIB
1653387662955 - inilah.com
Sekjen DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno (tengah) dalam sebuah diskusi publik di Jakarta, Selasa (24/5/2022). Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan tradisi baru politik di Indonesia. Kerja sama tidak hanya terkait upaya memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, tetapi juga mencakup pemilihan legislatif (pileg) dan pilkada.

“Kerja sama dalam pemilu itu kita saling sepakat soal lebih awal dalam membentuk kerja sama dalam koalisi. Ini merupakan tradisi baru agar koalisi tak selalu ditentukan di menit akhir jelang pemilu,” kata Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno dalam sebuah diskusi publik di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Dia menjelaskan, terkait pileg, jalinan kerja sama KIB akan berlangsung. Kendati, secara internal partai politik memiliki kewenangan dalam menentukan kriteria calon anggota legislatif dan kriterianya sehingga tak terlalu membutuhkan kerja sama politik dengan partai lain.

Baca juga
Demokrat Dukung Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu

“Kita harus saling menunjang dan mendukung agar seluruh kontestasi berbuah hasil positif. Kerja sama dalam pileg. Salah satunya kita saling sepakat berjanji gentleman agreement. Seperti halnya kita membangun kesepakatan, jangan menarik caleg dari sesama parpol di lingkaran koalisi,” ujarnya.

Eddy memandang, kesepakatan mengenai hal itu bisa terjalin agar pileg lebih produktif demi kepentingan bersama.

Sedangkan menyangkut pilkada, format kerja sama akan mengacu seperti yang terjalin dalam pilpres.

“Ada pekerjaan besar pilkada. Kami juga akan mereplikasi lanjutan koalisi tentu hal ini akan dijalankan seterusnya saat pilkada,” imbuh Eddy.

Pemerintah bersama DPR, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah sepakat Pemilu Serentak untuk memilih anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, anggota DPD RI, serta presiden dan wakil presiden pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang. Sementara, Pilkada Serentak 2024 untuk memilih gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota pada 27 November 2024.

Baca juga
Pilkada Serentak 27 November 2024

Adapun KIB terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP. Koalisi tiga partai politik ini untuk menghadapi Pemilu 2024. Kesepakatan mengemuka saat ketua umum ketiga parpol bertemu di Jakarta, Kamis lalu (12/5/2022). [yud]

 

Tinggalkan Komentar